Top! Dosen Teknik Informatika YARSI Latih Puluhan Petani Ikan Hias Berorientasi Ekspor

Rahmad Novandri | Rabu, 22/12/2021 21:55 WIB
Top! Dosen Teknik Informatika YARSI Latih Puluhan Petani Ikan Hias Berorientasi Ekspor Universitas YARSI memberikan pelatihan untuk UMKM di Desa Ciseeng, Bogor, Jawa Barat. (Foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Peduli dengan nasib petani ikan hias di Desa Ciseeng, Kabupaten Bogor, dosen Program Studi Teknik Informatika Universitas YARSI menggelar pelatihan dengan topik utama pemberdayaan UMKM ikan hias Desa Ciseeng, Kabupaten Bogor, menjadi produk unggulan berorientasi ekspor melalui branding berbasis teknologi informasi.

Pelatihan tersebut diikuti 30 pelaku UMKM ikan hias dari kalangan petani pemula dan petani yang sudah produktif. Selain itu, Pelatihan ini juga merupakan kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat (P2M). 

Adapun, dosen yang terlibat dalam pelatihan dikomandoi Drs. Suhaeri MT dengan beberapa dosen lain dari prodi Pasca MM yaitu Dr. Muslih SE.ME., Hendra Wicaksono, S.Hum., M.IP., Hilma Suyana S.E., M.E, CPHCM dari prodi FE dan 6 mahasiswa dari prodi TI dan FE. 

Desa Ciseeng dipilih sebagai lokasi pelatihan lantaran sebagian besar masyarakat desa Ciseeng beternak ikan hias seperti ikan koi, ikan koki, dan ikan lohan, termasuk Kepala Desa Ciseeng, Rahmat Bukhari Muslim, S.Ag. yang akrab disapa RBM. 

Dalam kegiatan P2M tersebut dilakukan pendampingan berupa pembelian ikan indukan (ikan koi dan ikan koki). Kemudian, dalam hal pembelian sarana dan prasarana budidaya seperti mesin penggiling daging, open, freezer pendingin, tabung oksigen besar, tabung oksigen kecil, mesin diesel. 

Selain itu, juga dilakukan pendampingan dalam hal memperluas jaringan pemasaran melalui pelatihan penggunaan portal desa Ciseeng (https://desaciseeng.web.id/portal/perikanan.php) dan cara daftar ke Tokopedia. 

Disamping itu dilakukan juga pendampingan terkait pelatihan digital marketing menggunakan WhatsApp bisnis, dan tata cara ekspor ikan hias. 

Melalui kegiatan P2M ini akan terbentuk organisasi UMKM yang terdaftar di Kelurahan Ciseeng, terjadi peningkatan penjualan ikan hias anggota UMKM sehingga meningkatkan kesejahteraan atau taraf hidup masyarakat. Termasuk juga terjadi peningkatan dalam hubungannya dengan keterampilan manajemen bisnis.


Berita Terkait :