Pemerintah Komitmen Lanjutkan Pembangunan Infrastruktur Transportasi

M. Isa | Selasa, 21/12/2021 22:10 WIB
Pemerintah Komitmen Lanjutkan Pembangunan Infrastruktur Transportasi Menhub Budi Karya Sumadi (foto: dephubgoid)

RADARBANGSA.COM - Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) berkomitmen untuk melanjutkan pembangunan infrastruktur transportasi dengan konsep Indonesia sentris, yaitu tidak hanya di Jawa, tetapi ke seluruh wilayah Indonesia.

"Adanya konektivtas antarwilayah yang baik, mobilitas manusia maupun distribusi barang kian cepat dan lancar," kata Menhub Budi Karya Sumadi di Jakarta, Selasa, 21 Desember 2021.

Menurut Menhub Budi, dengan adanya konektivitas tersebut dapat menumbuhkan sentra-sentra ekonomi baru di berbagai bidang, di berbagai daerah.

"Keberadaan infrastruktur transportasi juga dapat menyerap tenaga kerja, serta memberikan nilai tambah ekonomi masyarakat. Upaya yang tidak mudah di tengah pandemi, tetapi kami tetap konsisten melanjutkan pembangunan ini dengan baik,” ungkap Menhub Budi.

Pada tahun 2021, Kemenhub mendapatkan alokasi anggaran Rp. 45,66 triliun. Adanya refocusing anggaran untuk penanganan Covid-19, dan lainnya, turun menjadi Rp. 34,01 triliun.

“Di akhir 2021, kami optimis penyerapan mencapai 96 persen. Satu upaya yang tidak mudah di tengah pandemi, tetapi kami tetap konsisten melanjutkan pembangunan,” ujarnya.