Usai Tinjau Lokasi Musibah Erupsi Semeru, Kepala BNPB Langsung Terbang ke Kalbar

M. Isa | Rabu, 08/12/2021 19:26 WIB
Usai Tinjau Lokasi Musibah Erupsi Semeru, Kepala BNPB Langsung Terbang ke Kalbar Kepala BNPB Letnan Jenderal TNI Suharyanto bertolak ke Pontianak untuk meninjau lokasi banjir Sintang (foto: bnpb)

RADARBANGSA.COM - Kepala BNPB Letnan Jenderal TNI Suharyanto, bertolak menuju Kota Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar), Selasa 7 Desember 2021 malam usai mendampingi Presiden Joko Widodo meninjau lokasi terdampak musibah erupsi gunung Semeru, Lumajang, Jawa Timur.

Dari Pontianak, Suharyanto melanjutkan perjalanan menuju Kabupaten Sintang untuk mendampingi Presiden Jokowi. Kunjungan hari ini bertujuan untuk memantau penanganan darurat bencana banjir di wilayah itu beberapa waktu lalu.

"Kunjungan utamanya untuk mengecek kesiapan alat, perangkat, personil dan sarana prasarana untuk menghadapi puncak musim hujan yang bersamaan dengan La Nina awal tahun 2022 nanti," kata Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari dalam keterangannya, Rabu 8 Desember 2021.

"Banjir Sintang menjadi salah satu perhatian Presiden Jokowi paska dilanda banjir meluas dan berdurasi lama pada November 2021 lalu," sambungnya.

Meskipun banjir telah reda, lanjut Muhari, kewaspadaan dan kesiapsiagaan tetap harus dilakukan di tengah musim hujan yang akan mencapai puncaknya pada Januari hingga Februari 2022.

"Presiden Joko Widodo juga sempat menyoroti masalah lingkungan dan upaya-upaya yang harus dilakukan bersama agar banjir tidak terulang lagi di masa depan," ungkapnya.