Resmikan Bendungan Karalloe, Presiden Jokowi Harap Intensitas Tanam Meningkat

Rahmad Novandri | Selasa, 23/11/2021 14:42 WIB
Resmikan Bendungan Karalloe, Presiden Jokowi Harap Intensitas Tanam Meningkat Presiden Joko Widodo (Jokowi). (Foto: setkabgoid)

RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bendungan Karalloe yang dibangun di Kecamatan Tompobulu, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, Selasa, 23 November 2021. Disampaikannya, bendungan tersebut menelan biaya sebesar Rp1,27 triliun.

“Bendungan Karalloe yang dibangun menghabiskan anggaran Rp1,27 triliun hari ini alhamdulillah telah selesai dan siap untuk kita resmikan,” kata Jokowi dalam sambutannya.

Bendungan yang berkapasitas 40,53 juta meter kubik itu mampu mengairi hingga 7 ribu hektare lahan pertanian dan diharapkan dapat meningkatkan intensitas tanam sehingga kesejahteraan petani juga turut meningkat. “Petani yang sebelumnya dulu hanya panen padi sekali, palawija sekali, nanti insyaallah bisa dua kali panen padi dan sekali palawija sehingga bisa meningkatkan pendapatan (income), kesejahteraan bagi para petani,” ujar Jokowi.

Tak hanya itu, jelas Presiden, kehadiran Bendungan Karalloe juga dapat mengurangi banjir hingga 49 persen. "Kita ingat, baru saja tahun 2019 di Jeneponto terjadi banjir besar. Dengan adanya Bendungan Karalloe ini akan bisa dikurangi 49 persen banjir yang ada," tuturnya.

Selain itu, bendungan ini juga memiliki potensi air baku sebesar 440 liter per detik serta dapat dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik berkapasitas 4,5 megawatt yang bermanfaat bagi masyarakat.