Cegah Ledakan COVID-19, ini Arahan Presiden Jokowi

Rahmad Novandri | Senin, 22/11/2021 20:01 WIB
Cegah Ledakan COVID-19, ini Arahan Presiden Jokowi Covid-19. (Credit: Radarbangsa)

RADARBANGSA.COM - Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin menyampaikan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan tiga arahan pada jajaran menterinya untuk mencegah supaya tidak terjadi ledakan kasus COVID-19 seperti yang terjadi di Eropa saat ini. Budi menyebut, Presiden Jokowi meminta agar vaksinasi dipercepat di seluruh daerah di Indonesia.

"Bapak Presiden jelas minta jangan sampai yang terjadi di Eropa terjadi di Indonesia. Harapan beliau satu, percepat vaksinasi," kata Budi dalam konferensi pers secara daring di Jakarta, Senin, 22 November 2021.

Kedua, jelas Budi, Presiden meminta agar semua pihak jangan pernah lengah menerapkan protokol kesehatan, terutama pada periode libur Natal dan Tahun Baru. "Ketiga, monitor dengan baik dengan laboratorium genome sequencing, bagaimana pergerakan mutasi yang datang dari luar negeri maupun mutasi yang juga terjadi dalam negeri," ujarnya.

Sebelumnya seperti dilansir dari antaranews.com, Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Prof Wiku Adisasmito menyampaikan bahwa pemerintah melakukan sejumlah strategi dalam mencegah terjadinya lonjakan kasus di akhir tahun. Di antaranya adalah pemberlakuan aturan perjalanan yang baru ditujukan untuk menjamin orang yang bepergian dalam keadaan sehat dan terlindung dari risiko penularan virus corona, pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Level 3 yang akan diterapkan di seluruh wilayah Indonesia pada 24 Desember.