Presiden Jokowi Ingatkan Kekayaan Geologi Indonesia Jangan Dirusak

Rahmad Novandri | Senin, 22/11/2021 16:08 WIB
Presiden Jokowi Ingatkan Kekayaan Geologi Indonesia Jangan Dirusak Presiden Joko Widodo (foto: setkabgoid)

RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan semua pihak untuk menjaga dan melestarikan kekayaan dan keragaman geologi Indonesia. Ia meminta agar kekayaan dan keragaman geologi, hayati dan budaya yang dimiliki bangsa ini tidak dirusak dan dieksploitasi berlebihan.

“Kawasan geopark adalah tempat belajar tentang warisan bangsa dan dunia, belajar tentang keragaman geologi, belajar tentang keragaman hayati, serta keragaman budaya. Semua keragaman dan kekayaan yang kita miliki harus kita jaga dan dilindungi, tidak dirusak dan tidak dieksploitasi berlebihan,” ujar Jokowi dalam acara Konferensi Nasional Geopark Indonesia II secara virtual, Senin, 22 November 2021.

Geopark, menurut Jokowi, dapat menjadi tempat belajar bagi masyarakat untuk dapat mengenal dan kemudian menjaga kelestarian dan keragaman yang dimiliki oleh Indonesia. Negara Indonesia yang terletak di cincin api, jelasnya, memiliki berbagai geopark seperti Geopark Batur yang merupakan geopark pertama yang ditetapkan sebagai UNESCO Global Geoparks, kemudian Geopark Gunung Sewu, Geopark Ciletuh, Geopark Gunung Rinjani, Geopark Danau Toba, dan sebagainya.

Selanjutnya, Kepala Negara juga meminta kawasan geopark dan kekayaan alam lainnya yang dimiliki Indonesia untuk selalu dijaga. Salah satu upayanya dengan melakukan konservasi kawasan.

“Melindungi agar unsur-unsur geologi yang masih utuh tidak serta merta mengalami kerusakan, menjaga warisan geologi, geoheritage, serta nilai-nilai di dalamnya seperti nilai arkeologi, ekologi, sejarah dan budaya sehingga bisa terus diwariskan ke generasi yang akan datang,” tuturnya.

Jokowi menekankan kunci utama yang menentukan keberhasilan pengembangan Geopark adalah tata kelola yang harus terus diperbaiki agar semakin baik. Tata kelola geopark harus melibatkan pegiat geopark, akademisi dan masyarakat sekitar.

“Lahirkan gagasan yang inovatif, lakukan terobosan konkret yang menyeimbangkan antara konservasi dengan ekonomi. Saya berharap semua elemen bangsa bergerak menjadi bagian dari gerakan konservasi geopark sekaligus memperkuat upaya untuk masyarakat sekitarnya untuk mengambil bagian dalam pelestarian lingkungan dan mengembangkan potensi pariwisata,” pesannya.