Buka Sosialisasi DBON, Menpora Amali Ajak Masyarakat Budayakan Olahraga

M. Isa | Jum'at, 19/11/2021 22:50 WIB
Buka Sosialisasi DBON, Menpora Amali Ajak Masyarakat Budayakan Olahraga Menpora Amali (foto:Kemenpora)

RADARBANGSA.COM - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali membuka sosialisasi Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) di Surabaya, Jawa Timur, Jumat, 19 November 2021.

Dalam kesempatan itu, Menpora Amali mengajak masyarakat untuk menggelorakan olahraga, "DBON ini salah satu tujuannya ialah bagaimana meningkatkan budaya olahraga di Masyarakat. Bagaimana mau bugar kalau generasi mudanya olahraga malas, gerak malas juga. Tak mungkin dapat talenta, bibit baik, kalau masyarakatnya kurang bugar. Ini harus kita mulai dari hulunya," katanya.

Menurut Menpora Amali, ukuran bugar atau tidaknya masyarakat di Indonesia sejatinya sudah ada yang melakukan penelitian dan survei. Idealnya, lanjut dia, rata-rata orang yang bugar ialah biasa bergerak minimal 7.000 langkah dalam sehari.

"Nah, di Indonesia ini, menurut penelitian, rata-rata hanya 3.500 langkah per hari, ini kan kurang, maka perlu dimaksimalkan lagi untuk mencapai derajat masyarakat Indonesia yang bugar," katanya.

Dengan kebugaran di masyarakat yang terjaga, lanjut Menpora, maka akan banyak bibit-bibit yang bugar, "Masyarakat ini kan hulunya, kami perbaiki, tingkatkan kapasitas olahraganya, dengan bersinergi bersama pemerintah daerah untuk menuju prestasi nasional," lanjutnya.

Sementara itu, Rektor Unesa Nur Hasan yang menjadi tuan rumah sosialisasi DBON ini mengaku sudah membuat gerakan bersama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur untuk menyiapkan duta olahraga masyarakat. 

"Kami siapkan duta penggerak olahraga masyarakat di kabupaten/kota untuk tingkatkan kebugaran masyarakat di kabupaten/kota," tuturnya. 

TAG : Bugar , Olahraga

Berita Terkait :