Cakupan Vaksinasi COVID-19 di Empat Provinsi Masih Rendah, ini Imbauan Satgas

Rahmad Novandri | Kamis, 18/11/2021 22:36 WIB
Cakupan Vaksinasi COVID-19 di Empat Provinsi Masih Rendah, ini Imbauan Satgas Warga dapatkan layanan vaksinasi gratis covid-19 (Doc: Radarbangsa)

RADARBANGSA.COM - Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 menyatakan bahwa sejumlah provinsi masih dalam kategori rendah untuk cakupan vaksinasi COVID-19. Provinsi yang dimaksud antara lain Provinsi Riau, Lampung, Sulawesi Tenggara, dan Maluku.

Dalam konferensi pers di Jakarta, Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19, Prof. Wiku Adisasmito menyampaikan bahwa cakupan vaksinasi COVID-19 dosis lengkap di wilayah tersebut baru berkisar 18 sampai 27 persen. Angka tersebut, menurutnya, jauh lebih rendah dibandingkan rata-rata nasional cakupan vaksinasi COVID-19 dosis lengkap yakni 40 persen.

Tak hanya itu, tingkat kepatuhan warga terhadap protokol kesehatan provinsi tersebut juga tergolong rendah yakni sekitar 40-60 persen. Wiku menyayangkan hal tersbeut karena dapat berpotensi meningkatkan penularan COVID-19 di tengah masyarakat.

"Cakupan vaksinasi yang rendah apabila didukung tidak patuh protokol kesehatan dapat meningkatkan potensi penularan COVID-19 di tengah masyarakat," ujarnya.

Wiku meminta pada kepala daerah di empat provinsi tersebut untuk segera berkoordinasi agar cakupan vaksinasi COVID-19 dapat segera tercapai serta meningkatkan kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan. "Untuk itu dimohon kepada gubernur bersama bupati atau wali kota dari Provinsi Riau, Lampung, Sulawesi Tenggara, dan Maluku untuk segera berkoordinasi agar dapat meningkatkan cakupan vaksinasi dan kepatuhan pada protokol kesehatan di wilayahnya," tuturnya.