Presiden Jokowi Sebut Banjir di Kalimantan Karena Rusaknya Daerah Tangkapan Hujan

Rahmad Novandri | Selasa, 16/11/2021 21:22 WIB
Presiden Jokowi Sebut Banjir di Kalimantan Karena Rusaknya Daerah Tangkapan Hujan Presiden Joko Widodo (foto: setkabgoid)

RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bahwa banjir di Kalimantan disebabkan daerah tangkapan hujan di sana rusak sehingga harus diperbaiki.

"Ya itu karena kerusakan wilayah tangkapan, daerah tangkapan hujan yang sudah berpuluh-puluh tahun, ya itu yang harus kita hentikan," kata Jokowi usai meresmikan Jalan Tol Serang-Panimbang Seksi 1 di Banten, Selasa, 16 November 2021.

Disampaikannya, air Sungai Kapuas di Kalimantan Barat meluap karena daerah tangkapan hujan rusak dan pemerintah akan fokus memperbaiki daerah tangkapan hujan itu. "Karena memang masalah utama ada di situ," ujarnya.

Karena itu, janutnya, pemerintah mulai tahun depan akan membangun daerah tangkapan hujan yang rusak. "Akan ada persemaian, kemudian ada penghijauan kembali di daerah-daerah hulu, di daerah-daerah tangkapan hujan, di area tangkapan, kita perbaiki," tuturnya.

Terakhir, Jokowi mengungkapkan curah hujan di Kalimantan lebih ekstrem dari biasanya dan banjir di SIntang telah terjadi sejak tiga pekan lalu.


Berita Terkait :