Indonesia-Inggris Sepakat Perkuat Kerja Sama Vaksin dan Ketahanan Kesehatan Global

Rahmad Novandri | Kamis, 11/11/2021 16:51 WIB
Indonesia-Inggris Sepakat Perkuat Kerja Sama Vaksin dan Ketahanan Kesehatan Global Retno Marsudi (Menteri Luar Negeri RI). (Foto: twitter @Menlu_RI)

RADARBANGSA.COM - Indonesia dan Inggris menyepakati perlunya penguatan kerja sama dalam penyediaan vaksin COVID-19, serta membangun ketahanan kesehatan global. Secara khusus, Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi mengapresiasi dukungan 1 juta dosis vaksin dari Inggris melalui mekanisme dose-sharing.

"Kami memiliki pandangan yang sama tentang pentingnya kesetaraan vaksin dan non diskriminasi terhadap (jenis) vaksin apa pun," kata Retno saat menyampaikan pernyataan pers secara virtual bersama Menlu Inggris Liz Truss dari Jakarta, Kamis, 11 November 2021.

Selain itu, dalam jangka panjang kedua negara menjajaki kerja sama untuk membangun ketahanan kesehatan nasional, regional, dan global antara lain dengan memperkuat kerja sama industri farmasi dan obat-obatan, mengembangkan Indonesia sebagai pusat (hub) regional untuk produksi vaksin, serta dukungan mekanisme keuangan dari Inggris untuk mengatasi pandemi.

"Kesiapsiagaan dan respons (PPR) yang dilakukan oleh Satgas Keuangan dan Kesehatan G20 Insya Allah akan diselesaikan pada masa presidensi Indonesia," ujar Retno.

Sementara itu, Menlu Liz Truss menyebut pertemuan ini momentum yang sangat penting bagi dunia dalam rangka pemulihan ekonomi pasca COVID serta meningkatkan ketahanan kesehatan internasional. Hal itu untuk menegaskan dukungan Inggris bafi Presidensi Indonesia di G20.

"Melihat pada rantai pasokan secara lebih luas, akan sangat penting bagi Inggris dan Indonesia untuk memiliki rantai pasokan yang kuat di semua area (kerja sama)," kata Truss.