Bertemu Presiden Jokowi, PM Malaysia Jamin Tenaga Kerja RI Dijaga Sebaik Mungkin

Rahmad Novandri | Rabu, 10/11/2021 19:17 WIB
Bertemu Presiden Jokowi, PM Malaysia Jamin Tenaga Kerja RI Dijaga Sebaik Mungkin PM Malaysia Ismail Sabri Yaakob bertemu Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Rabu (10/11). (Foto: twitter @setkabgoid)

RADARBANGSA.COM - Perdana Menteri (PM) Malaysia, Ismail Sabri Yaakob menjamin tenaga kerja Indonesia akan dijaga sebaik mungkin di Malaysia. Hal itu disampaikannya saat bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan, Bogor, Jawa Barat, Rabu, 10 November 2021.

"Saya memberi jaminan bahwa kebajikan tenaga kerja Indonesia di Malaysia akan kami jaga sebaik-baik mungkin dan beberapa perubahan telah dilaksanakan di Malaysia," kata PM Sabri dalam konferensi pers bersama dengan Presiden Jokowi.

Disampaikannya, Malaysia telah membuat banyak perubahan untuk kebaikan pelayanan terhadap tenaga kerja atau pekerja migran Indonesia. Hal itu, misalnya, terkait dengan perumahan bagi tenaga kerja Indonesia.

"Kami telah membuat tindakan kepada standar minimum perumahan, penginapan, dan kemudahan bekerja," tuturnya.

Pemerintah Malaysia, kata PM Ismail, juga telah memudahkan para tenaga kerja Indonesia untuk melaporkan kepada otoritas setempat jika mendapat perlakuan yang tidak baik dari perusahaan atau pihak yang memperkerjakan di Malaysia. Kebijakan tersebut merupakan hasil kerja sama dari Kementerian Sumber Manusia Malaysia dan Kementerian Ketenagakerjaan RI.

“Jika ada isu kelewatan membayar gaji atau segala isu terkait dengan pekerja yang tidak berpuas hati atas layanan dari majikan mereka, mereka bisa membuat aduan direct kepada Kementerian Sumber Manusia. ini untuk memberikan perlindungan kepada pekerja mengenai gaji dan lain-lain perkara yang selama ini mereka tidak dapat membuat aduan,” terang PM Ismail.

PM Malaysia juga memberikan jaminan bahwa Kementerian Sumber Manusia Malaysia akan segera meneken nota kesepahaman dengan Kementerian Ketenagkerjaan RI tentang tentang perlindungan pekerja domestik Indonesia di Malaysia.

"Saya telah memberikan jaminan kepada Bapak Presiden (Presiden RI Joko Widodo) bahwa kita akan menyegerakan penandatangan MoU antara Kementerian Sumber Manusia dan Kementerian Tenaga Kerja di Indonesia," tandasnya.