Tiba di Tanah Air, Presiden Jokowi Langsung Karantina Mandiri di Istana Bogor

M. Isa | Jum'at, 05/11/2021 20:45 WIB
Tiba di Tanah Air, Presiden Jokowi Langsung Karantina Mandiri di Istana Bogor Presiden Jokowi tiba di tanah air setelah lawatannya dari luar negeri (foto: setkab)

RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah tiba di Tanah Air melalui pesawat Garuda Indonesia-1 yang mendarat di Bandar Udara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Jumat 5 November 2021.

Dilansir setkab, kedatangan orang nomor satu di Indonesia itu tak seperti biasanya. Di lokasi tak tampak satupun pejabat penjemput kedatangannya dari lawatan ke luar negeri.

Menanggapi hal ini, Kepala Sekeretariat Presiden Heru Budi Hartono memberikan penjelasan bahwa sesuai aturan yang berlaku bahwa setiap warga negara Indonesia (WNI) yang baru kembali dari perjalanan luar negeri diwajibkan menjalani karantina.

“Oleh karenanya, Bapak Presiden meminta kepada kami agar tidak perlu ada penjemputan, karena setibanya di tanah air, Bapak Presiden akan langsung melaksanakan karantina mandiri di Istana Kepresidenan Bogor dengan perangkat melekat,” ucap Heru.

Selain itu, selama menjalani karantina, kata Heru, Presiden Jokowi akan tinggal terpisah dari keluarganya yang ada di Wisma Bayurini sesuai dengan prosedur tempat karantina.

Sementara itu, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) selaku Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Ganip Warsito membenarkan bahwa Presiden akan melaksanakan karantina mandiri.

“Kami, Satuan Tugas Penanganan COVID-19 memberikan diskresi kepada pejabat setingkat menteri ke atas untuk melaksanakan karantina mandiri,” ucap Ganip.

Diketahui, Presiden Jokowi telah menghadiri berbagai pertemuan mulai dari KTT G20 di Italia, KTT Pimpinan Dunia COP26 di Skotlandia hingga Uni Emirat Arab (UEA).