Pemulihan Penerbangan Sipil Dunia, Gagasan Indonesia Diterima Forum ICAO

M. Isa | Sabtu, 23/10/2021 11:09 WIB
Pemulihan Penerbangan Sipil Dunia, Gagasan Indonesia Diterima Forum ICAO Menhub Budi Karya Sumadi (foto: dephubgoid)

RADARBANGSA.COM - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, gagasan Indonesia dalam upaya pemulihan dan ketahanan penerbangan sipil global diterima dan menjadi kesepakatan bersama yang dituangkan dalam sebuah deklarasi bersama.

Deklarasi itu yang dilakukan oleh para Menteri anggota Organisasi Penerbangan Sipil Dunia/International Civil Aviation Organization (ICAO) atau ICAO High Level Conference on Covid-19 (HLCC) 2021 secara virtual Jumat 22 Oktober 2021.

 

“Kami mendukung diadopsinya Deklarasi tingkat Menteri sebagai hasil dari pertemuan ini. Deklarasi ini merupakan upaya kita bersama untuk pemulihan dan ketahanan penerbangan sipil global,” ujar Menhub.

Isi dari deklarasi itu, kata Menhub Budi Karya, salah satunya memasukan gagasan dari Indonesia, yang menginginkan adanya penyelarasan strategi manajemen resiko antar negara anggota ICAO, agar pemulihan dapat dilakukan dengan aman dan turut mendukung kebangkitan ekonomi secara global.

“Kami berharap deklarasi ini dapat menjadi katalis bagi negara anggota untuk menyelaraskan pelaksanaan pemulihan penerbangan global, dengan mempertimbangkan kondisi unik dari masing-masing negara,” harapnya.

Untuk diketahui, acara ICAO HLCC berlangsung dari 12 hingga 22 Oktober 2021, yang diikuti oleh Negara ICAO sejumlah 129 Negara, dengan total 1574 delegasi peserta, serta diikuti pula oleh Organisasi Internasional (OI) sebagai Observer sejumlah 38 Organisasi dengan 196 delegasi peserta.


Berita Terkait :