Pesantren Pilar Strategis Bangsa Wujudkan Generasi Emas

Rahmad Novandri | Kamis, 21/10/2021 23:15 WIB
Pesantren Pilar Strategis Bangsa Wujudkan Generasi Emas KH Maruf Amin (Wakil Presiden RI). (Foto: twitter @Kiyai_MarufAmin)

RADARBANGSA.COM - Wakil Presiden (Wapres) KH Maruf Amin mengatakan, lembaga pendidikan keagamaan Islam atau Pondok Pesantren merupakan salah satu pilar strategis yang dimiliki Indonesia untuk mewujudkan generasi emas. Hal itu disampaikannya saat orasi ilmiah dalam acara Wisuda Universitas Ibrahimy Situbondo, Kamis, 21 Oktober 2021.

"Pesantren merupakan salah satu pilar strategis bangsa Indonesia dalam mewujudkan generasi emas dan Indonesia hebat," kata Kiai Maruf dilansir dari antaranews.com.

Menurutnya, fungsi sebagai pilar generasi emas Indonesia tersebut tercermin karena pesantren merupakan institusi pendidikan Islam yang memiliki akar sejarah cukup kuat di Indonesia. Selain itu, pesantren juga memiliki tiga fungsi yang telah diatur dalam Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2019 tentang Pesantren, yakni sebagai pusat pendidikan, dakwah dan pemberdayaan masyarakat.

Kiai Maruf berharap institusi pendidikan Islam seperti Universitas Ibrahimy Situbondo dapat memberikan manfaat kepada masyarakat, bangsa dan negara.
"Saya mengharapkan dan berdoa semoga pencanangan pembangunan kampus Universitas Ibrahimy ini berjalan lancar dan dapat memberikan manfaat dan maslahat bagi masyarakat, bangsa dan negara," tuturnya.

Wapres juga mendorong Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Situbondo, yang telah berdiri sejak 1914, semakin memberikan kontribusi lebih besar dan lebih luas untuk kemajuan bangsa.