Kejar Target Herd Immunity, Jokowi Minta Pemda Percepat Vaksinasi

M. Isa | Kamis, 21/10/2021 19:42 WIB
Kejar Target Herd Immunity, Jokowi Minta Pemda Percepat Vaksinasi Cetak Sertifikat Vaksin Bahan PVC (foto:Shoppe/asiabarufotoshop)

RADARBANGSA.COM - Pemerintah daerah diminta meningkatkan percepatan vaksinasi di Provinsi Kalimantan Selatan agar target vaksinasi nasional sebanyak 70 persen masyarakat di akhir tahun dapat tercapai sehingga herd immunity bisa tercipta.

“Akhir tahun ini, akhir Desember kita berharap 70 persen warga kita sudah tervaksin," kata Presiden Joko Widodo (Jokowi) di RSUD Dr. H. Moch. Ansari Saleh, Kota Banjarmasin, Kamis, 21 Oktober 2021.

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan, vaksinasi di Provinsi Kalimantan Selatan per 21 Oktober 2021 baru mencapai 34,37 persen untuk dosis pertama dan 20,53 persen untuk dosis kedua.

"Tadi saya mendapatkan laporan dari Gubernur Kalimantan Selatan bahwa di provinsi, kabupaten, dan kota yang ada di Provinsi Kalimantan Selatan baru mencapai 33 persen,” ucap Presiden Jokowi.

Lewat konferensi video, pejabat kabupaten/kota di Kalimantan Selatan optimistis dapat mengejar target vaksinasi di akhir tahun ini, “Insyaallah di bulan November sudah 70 persen, Pak Presiden,” ujar perwakilan dari Kota Banjarbaru.

Untuk itu, Presiden Jokowi juga meminta jajaran pemerintah daerah setempat bekerja sama dengan Polres dan Kodim untuk mempercepat vaksinasi agar dapat memberikan perlindungan maksimal kepada masyarakat.

“Tadi sudah saya sampaikan kepada Kepala Dinas Kesehatan Provinsi apabila stok habis segera menyampaikan ke pusat, ke Menkes atau ke saya. Akan kita kirim sesuai dengan kebutuhan yang dibutuhkan oleh Provinsi Kalimantan Selatan,” tandasnya.


Berita Terkait :