PON XX Papua Resmi Ditutup, ini Catatan Wapres Ma`ruf Amin

Rahmad Novandri | Jum'at, 15/10/2021 22:18 WIB
PON XX Papua Resmi Ditutup, ini Catatan Wapres Ma`ruf Amin Logo PON XX Papua 2021. (Foto: reportasepapuacom)

RADARBANGSA.COM - Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua akhirnya resmi ditutup, Jumat, 15 Oktober 2021. Kegiatan ini ditutup secara resmi oleh Wakil Presiden (Wapres) KH Ma`ruf Amin. 

"Ada beberapa catatan penting yang membuat penyelenggaraan PON XX ini tidak mudah untuk dilakukan,"  kata Kiai Ma`ruf dalam sambutannya, di Jayapura, Papua. 

Wapres mencatat, setidaknya ada tiga catatan dalam penyelenggaraan PON XX ini. Pertama, Wapres menilai pesta olahraga memerlukan pembangunan infrastruktur secara masif dengan standar dan kualitas bertaraf internasional.

"Kedua, lokasi penyelenggaraan atau venue sangat tersebar dari Jayapura, Mimika, dan Merauke. Jarak antara satu venue dengan yang lain merupakan terjauh yang pernah ada dalam penyelenggaraan PON selama ini," terangnya.

Ketiga, ujar Kiai Maruf, kondisi krisis pandemi COVID-19 menjadi tantangan terbesar dalam perhelatan olahraga yang melibatkan banyak kontingen dari berbagai daerah.

"PON XX ini diselenggarakan dalam kondisi pandemi COVID-19 yang menuntut kerja ekstra dengan pelaksanaan protokol kesehatan ketat," tuturnya. 

Namun, dibalik tantangan penyelenggaraan tersebut, Kiai Ma`ruf mengapresiasi masyarakat Papua yang berhasil dan sukses menyelesaikan kegiatan tersebut. 

"Bagi saya, ini merupakan PON tersulit yang bisa diselenggarakan. Tapi ternyata warga Papua bukan saja mampu menyelenggarakannya, bahkan berhasil menyelenggarakannya dengan sempurna. Ini sesuai dengan semboyan Torang Bisa," tandasnya. 

Acara penutupan PON XX Papua ditandai dengan penurunan bendera PON dan diserahkan langsung oleh Gubernur Lukas Enembe kepada Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi dan Sekretaris Daerah Aceh yang mewakili Gubernur Aceh Nova Iriansyah. Penyerahan bendera itu merupakan simbol Tuan Rumah PON XI adalah Provinsi Sumatera Utara dan Provinsi Aceh.


Berita Terkait :