Jemaah Umrah Perlu Diberikan Edukasi Pentingnya Prokes di Masa Pandemi

M. Isa | Rabu, 13/10/2021 16:17 WIB
Jemaah Umrah Perlu Diberikan Edukasi Pentingnya Prokes di Masa Pandemi Kabah (foto: AFP)

RADARBANGSA.COM - Stafsus Menteri Agama, Ishfah Abidal Aziz mengatakan, jemaah perlu diberikan edukasi terkait penyelenggaraan umrah di masa Pandemi.

"Jemaah perlu diedukasi tentang penyelenggaraan umdah di masa pandemi. Edukasi publik sangat penting agar jemaah bisa mengerti, memahami dan bisa menjalankan umrah di masa pandemi,” kata Ishfah Abidal Aziz dilansir kemenag, Rabu 13 Oktober 2021. 

Gus Alex, sapaan akrabnya, menilai nota diplomatik dari Pemerintah Kerajaan Arab Saudi tentang pembukaan ibadah umrah untuk jemaah dari Indonesia sebagaimana dijelaskan Menlu Retno Marsudi sebagai pertanda baik bagi dimulainya penyelenggaraan ibadah umrah.

"Meski nota diplomatik tersebut belum merinci tentang kebijakan teknis penyelenggaraan ibadah umrah bagi jemaah dari Indonesia," jelasnya.

Gus Alex meminta tim krisis untuk bisa merumuskan rekomendasi dan langkah persiapan yang baik dalam penyelenggaraan ibadah haji  di masa pandemi. “Sebagai bagian dari Tim Manajemen Krisis, masing-masing Kementerian agar menyiapkan skema keberangkatan dan kepulangan ibadah umrah sesuai dengan kewenangannya,” pesannya.

“Keberangkatan dan kepulangan jemaah umrah pada masa pandemi ini perlu dirumuskan secara bersama dengan mempertimbangkan prinsip one gate policy and zero incident,” sambungnya.

 

TAG : Umrah , Kemenag

Berita Terkait :