Pandemi Terkendali, Indonesia Berhasil Tingkatkan Kinerja Industri Manufaktur

M. Isa | Selasa, 05/10/2021 16:19 WIB
Pandemi Terkendali, Indonesia Berhasil Tingkatkan Kinerja Industri Manufaktur Luhut Binsar Panjaitan (foto:Setkab)

RADARBANGSA.COM - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan, terkendalinya pandemi COVID-19 di Indonesia berhasil mendorong peningkatan kinerja industri manufaktur.

Menurut Luhut, kinerja tersebut ditandai dengan Purchasing Managers’ Index (PMI) Manufaktur Indonesia yang berada pada zona ekspansif.

“PMI Manufaktur Indonesia kembali mengalami ekspansi lebih cepat dari masa PSBB [Pembatasan Sosial Berskala Besar],” ujar Luhut dalam keterangan persnya, Senin 4 Oktober 2021 malam.

Luhut menjelaskan, PMI Manufaktur Indonesia pada September 2021 sebesar 52,2 atau meningkat dari bulan sebelumnya yang berada di level 43,7. Kinerja tersebut menjadi salah satu yang terbaik di ASEAN.

“Saya ulangi, kinerja PMI Indonesia juga menjadi salah satu yang terbaik di ASEAN,” ujar Menko Marves.

Terkendalinya pandemi juga mendorong pemulihan ekonomi konsumsi dengan cepat. Bahkan, lanjut Luhut, indeks nilai belanja di sejumlah daerah telah mendekati kondisi normal.

“Indeks nilai belanja Provinsi Jawa Timur, DKI Jakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta juga sudah mendekati kondisi prapandemi,” tandasnya.