Pemerintah Dukung UMKM Mampu Bertahan di Tengah Pandemi

M. Isa | Senin, 27/09/2021 16:51 WIB
Pemerintah Dukung UMKM Mampu Bertahan di Tengah Pandemi Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar saat bertemu dengan Ketum Golkar Airlangga Hartarto (foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Pemerintah berkomitmen untuk terus mendukung Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) agar mampu bertahan, berkembang, dan bertumbuh di tengah tantangan pandemi dan transformasi melalui Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

"UMKM sebagai penyumbang produk domestik bruto (PDB) Nasional memiliki peran penting bagi pemulihan ekonomi Indonesia," kata Menter Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto di Jakarta, Minggu 26 September 2021.

“Alokasi anggaran yang disediakan untuk klaster Dukungan UMKM adalah sebesar Rp95,87 triliun,” sambungnya.

Selain itu, kata Menko Airlangga, Pemerintah juga menyiapkan berbagai program lainnya untuk mendukung UMKM, seperti subsidi bunga, penempatan dana pemerintah pada bank umum mitra untuk mendukung perluasan kredit modal kerja dan restrukturisasi kredit UMKM, penjaminan kredit modal kerja UMKM, Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM), Bantuan Tunai untuk PKL dan Warung (BT-PKLW), dan insentif PPh Final UMKM Ditanggung Pemerintah.

“Berbagai program tersebut ditujukan untuk meringankan dampak pandemi terhadap UMKM melalui program bantuan dari sisi permodalan,” kata Airlangga.

Menurutnya, berbagai upaya dan program yang telah diinisiasi oleh pemerintah perlu diperkuat dan didukung oleh berbagai pihak, termasuk sektor swasta agar dapat semakin memberikan manfaat yang optimal bagi UMKM.

"Berbagai langkah strategis terus dilakukan untuk pemulihan ekonomi melalui kolaborasi dengan berbagai otoritas, mengajak masyarakat untuk tetap waspada dengan menerapkan 5M dan 3T, serta mendorong masyarakat untuk mengikuti program vaksinasi," tukasnya.