Ratna Juwita Ingin BRIN jadi Rumah Para Peneliti dan Ilmuwan Dalam Negeri

Rahmad Novandri | Kamis, 16/09/2021 10:02 WIB
Ratna Juwita Ingin BRIN jadi Rumah Para Peneliti dan Ilmuwan Dalam Negeri Ratna Juwita Sari (Anggota Komisi VII DPR RI dari Fraksi PKB). (Foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Anggota Komisi VII DPR RI, Ratna Juwita Sari menyampaikan bahwa dirinya ingin Badan Riset Inovasi (BRIN) ke depannya bisa menjadi rumah bagi para peneliti dan ilmuwan dalam negeri. Sehingga, mereka tidak sampai berpikiran untuk ke luar dari Indonesia. 

"Karena jika itu terjadi, maka akan menjadi preseden buruk bagi negara kita. Bagaimana diaspora, peneliti itu merasa tidak terayomi di rumahnya sendiri," kata Ratna dilansir dari laman resmi DPR RI, Kamis, 16 September 2021.

Ditegaskannya, Komisi VII DPR RI memiliki harapan yang sangat besar pada badan riset ini. Diakuinya, pihaknya mendukung penuh BRIN supaya bisa memberi kontribusi yang lebih besar. 

Politisi PKB itu juga meyakini bahwa BRIN merupakan lembaga super power yang di dalamnya juga banyak orang-orang hebat. "Jangan sampai dengan struktur yang baru dari BRIN ini membuat bapak-bapak dan ibu-ibu yang ada di BRIN ini jadi merasa dikebiri oleh skema-skema yang tidak berpihak pada perkembangan riset dan inovasi yang sesungguhnya," tegasnya.

Ratna juga mengingatkanmengingatkan kepada Kepala BRIN dan jajaran bahwa sesungguhnya riset dan inovasi itu merupakan nyawa dan pondasi sebuah negara. Karena itu, legislator asal Tuban tersebut meminta kebijakan BRIN harus bisa mengayomi seluruh peneliti dan ilmuwan di dalamnya.