Komisi IV DPR Dorong Petani Cabai Dapat Penuhi Kebutuhan Industri

Rahmad Novandri | Jum'at, 10/09/2021 15:35 WIB
Komisi IV DPR Dorong Petani Cabai Dapat Penuhi Kebutuhan Industri Ilustrasi cabai. (Foto: Halloriau)

RADARBANGSA.COM - Kebutuhan cabai di Indonesia sangat besar, tidak hanya kebutuhan konsumsi masyarakat tapi juga didorong untuk memenuhi kebutuhan industri pengolahan cabai.

Atas dasar itu, Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Anggia Erma Rini mengatakan bahw apetani cabai perlu didorong untuk memenuhi kebutuhan industri. Seharusnya, jelas Anggia, ada stabilisasi harga cabai mengingat Indonesia memiliki industri pengolahan cabai dengan kapasitas yang cukup besar, utamanya di Kabupaten Kediri, Jawa Timur.

“Kita mempertemukan antara petani, lalu kemudian industri juga agar bisa menyerap sebaik-baiknya dan bahkan tadi dengan pemerintah daerah juga untuk mengedukasi masyarakat supaya memenuhi kebutuhan dari industri," ujarnya dilansir dari laman resmi DPR RI, Jumat, 10 September 2021.

Untuk itu, menurut politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tersebut, petani cabai perlu didorong agar dapat meningkatkan kapasitasnya untuk industri. Selain itu, komunikasi dengan Kementerian Perdagangan (Kemendag) terkait persoalan harga cabai dinilai juga perlu ditingkatkan.

"Komunikasi dengan Kementerian Perdagangan juga merupakan bagian yang tak terhindarkan berkaitan dengan harga," tuturnya.