Ke Wajo, Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Paselloreng

M. Isa | Kamis, 09/09/2021 15:41 WIB
Ke Wajo, Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Paselloreng Jokowi Umumkan PPKM Diperpanjang (foto:Youtube/SekertariatPresiden)

RADARBANGSA.COM - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan (Sulsel). Di Wajo, Presiden  meresmikan Bendungan Paselloreng dan Bendung Gilireng, yang berada di Desa Arajang, Kecamatan Gilireng.

“Alhamdulillah Bendungan Paselloreng di Kabupaten Wajo, Provinsi Sulawesi Selatan yang dibangun pada tahun 2015 hari ini ini sudah selesai dan siap difungsikan,” ujar Presiden Jokowi.

Menurut Presiden Jokowi, bendungan yang dibangun dengan biaya Rp771 miliar ini memiliki kapasitas tampung yang sangat besar, yaitu 138 juta meter kubik, serta luas genangan 1.258 hektare. Bendungan ini juga telah didukung dengan saluran irigasi Bendung Gilireng.

“Bendungan ini mampu mengairi sawah 8.500 hektare. Kita harapkan dengan suplai air yang ada akan meningkatkan frekuensi tanam yang mungkin satu, bisa jadi tiga atau dua [kali] sehingga meningkatkan produktivitas lahan serta akhirnya bisa kita harapkan meningkatkan kesejahteraan petani,” ujarnya.

Selain untuk mendukung sektor pertanian, kata Presiden Jokowi, bendungan multifungsi ini juga bermanfaat untuk mendukung ketahanan air, mereduksi banjir Sungai Gilireng sebesar 489 meter kubik per detik, serta menyediakan air baku 145 liter per detik yang akan melayani enam kecamatan di Kabupaten Wajo.