Resmikan Bendungan Bendo, Jokowi Ingin Tingkatkan Produktivitas Pertanian

M. Isa | Selasa, 07/09/2021 16:34 WIB
Resmikan Bendungan Bendo, Jokowi Ingin Tingkatkan Produktivitas Pertanian Jokowi mengumumkan perpanjangan PPKM Level 4 mulai 26 Juli hingga 3 Agustus 2021 (foto:Setkab)

RADARBANGSA.COM - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bendungan Bendo yang berlokasi di Dusun Bendo, Desa Ngindeng, Kecamatan Sawoo, Kabupaten Ponorogo, Provinsi Jawa Timur, Selasa (7/9/2021).

“Alhamdulillah, pada siang hari ini Bendungan Bendo sudah selesai, sudah rampung, dan siap difungsikan,” ujar Presiden Joko Widodo

Presiden Jokowi menjelaskan bahwa bendungan multifungsi yang dibangun dengan biaya sebesar Rp1,1 triliun ini memiliki kapasitas 43 juta meter kubik, tinggi 74 meter, serta luas genangan 170 hektare.

“Ini akan menyediakan irigasi untuk 7.800 hektare sawah dan juga untuk pasokan air baku 370 liter per detik, serta bisa mengurangi banjir/mereduksi banjir 31 persen atau sebesar 117,4 meter kubik per detik,” ujar Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi mengharapkan dengan beroperasinya bendungan-bendungan ini akan dapat meningkatkan produktivitas di sektor pertanian, menambah pasokan air, sekaligus meningkatkan produktivitas dari para petani.

“Saya ingin berpesan agar bendungan ini, ini dimanfaatkan sebaik-baiknya dengan disambungkan dengan seluruh jaringan irigasi yang ada, sehingga sekali lagi masyarakat utamanya para petani bisa meningkatkan produktivitas pertaniannya,” pungkasnya.


Berita Terkait :