Masa Pandemi, DPR RI Terus Komitmen Perkuat Pengawasan

Rahmad Novandri | Senin, 16/08/2021 20:25 WIB
Masa Pandemi, DPR RI Terus Komitmen Perkuat Pengawasan Gedung MPR/DPR RI, Senayan, Jakarta. (Foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Masa pandemi COVID-19 menjadi momen semua pihak untuk saling bahu membahu membantu pemerintah menangani wabah COVID-19. DPR RI sebagai mitra kerja pemerintah juga terus berkomitmen untuk melakukan pengawasan penanganan pandemi sehingga dapat berjalan baik dalam upaya melayani masyarakat.

Ketua DPR RI, Puan Maharani menegaskan bahwa pihaknya akan terus memperkuat fungsi pengawasan penanganan pandemi COVID-19. Menurutnya, banyak sektor terdampak akibat pandemi sehingga aktivitas masyarakat juga turut terhenti.

“Dalam menghadapi situasi pandemi COVID-19 dan dampaknya yang luas, Negara tidak bisa berpasrah diri. Negara harus melakukan upaya-upaya terbaik agar Negara tetap dapat menjalankan tugas-tugas tujuan bernegara," kata Puan saat memimpin Rapat Paripurna Pembukaan Masa Persidangan I Tahun 2021-2022 di gedung Nusantara, Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin, 16 Agustus 2021.

Dalam Sidang Paripurna yang turut dihadiri Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) itu, Puan memberikan apresiasi atas upaya pemerintah yang cepat dalam menghadapi situasi pandemi COVID-19 serta dampaknya yang luas dengan berbagai kebijakan dan program yang telah dilakukan. Hal itu mulai pemulihan di bidang kesehatan, pemulihan sosial, pemulihan ekonomi dan penyelamatan perekonomian nasional.

Sisi lain, lanjut Puan, DPR melalui Alat Kelengkapan Dewan (AKD) menjalankan prinsip checks and balances terhadap pemerintahan. Menurutnya, ke depan pengawasan DPR RI masih akan fokus pada penanganan pandemi COVID-19 dan dampaknya. “DPR RI akan memastikan bahwa negara hadir untuk memberikan perlindungan kepada rakyat dalam menghadapi pandemi COVID-19,” tegasnya.

Puan menyampaikan pesan, diperlukan kekuatan nasional untuk bekerja bersama, bergotong royong, dalam mengatasi Pandemi COVID-19, yaitu dengan menjalankan protokol kesehatan secara disiplin, sehingga aktivitas masyarakat di segala bidang dapat berjalan dan pemulihan secara bertahap dapat cepat terwujud.

“Kita juga ikut berdoa kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, semoga pandemi COVID-19 ini dapat segera berakhir sehingga masyarakat kembali hidup sehat, kembali beraktivitas dalam membangun kehidupannya yang sejahtera, tentram, dan bahagia," tutup Puan.