Pandemi Beri Hikmah Bagi Indonesia, Tuntut Kekuatan Negara Layani Rakyat

Rahmad Novandri | Senin, 16/08/2021 19:25 WIB
Pandemi Beri Hikmah Bagi Indonesia, Tuntut Kekuatan Negara Layani Rakyat Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan pidato kenegaraan dalam Sidang Tahunan MPR RI di Gedung MPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (16/8). (Foto: twitter @setkabgoid)

RADARBANGSA.COM - Pandemi COVID-19 yang melanda negara Indonesia hingga global membuat perekonomian menjadi sulit. Namun, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan jika pandemi telah memberikan hikmah kepada Indonesia yakni krisis menuntut konsolidasi kekuatan negara untuk melayani rakyat.

"Pandemi COVID-19 juga memberikan hikmah kepada bangsa Indonesia bahwa krisis menuntut konsolidasi kekuatan negara untuk melayani rakyat, meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dan meraih Indonesia Maju yang kita cita-citakan," kata Jokowi saat pidato dalam Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI Tahun 2021, di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Senin, 16 Agustus 2021.

Menurutnya, dukungan semua pihak utamanya lembaga-lembaga negara sangat penting. Kerja cerdas dan sinergitas antarlembaga negara, jelas Jokowi, menjadi salah satu kunci utama untuk bisa gesit merespons perubahan yang terjadi di masa mendatang.

Tak hanya itu, keseimbangan dan saling kontrol antarlembaga negara juga sangat penting dalam sistem ketatanegaraan bangsa. Tetapi, ujarnya, kerja sama ,sinergi, serta kerelaan untuk berbagi beban dan tanggung jawab justru lebih utama dalam menghadapi pandemi.

"Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada lembaga-lembaga negara, juga kepada Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan, Lembaga Penjamin Simpanan, Komisi Pemberantasan Korupsi, dan Ombudsman Republik Indonesia, termasuk Komisi Pemilihan Umum
dan Badan Pengawas Pemilihan Umum, atas dukungannya yang konsisten dan produktif selama ini," tandasnya.

Kepala Negara juga menyampaikan apresiasi kepada MPR, DPR dan DPD RI dalam kontribusinya bagi kemajuan bangsa dan penanganan pandemi COVID-19. Karena, tanpa dukungan semua pihak maka bangsa Indonesia tidak akan mampu menangani pandemi ini.