Hari Pramuka ke-60, Presiden Jokowi: Pramuka Harus Jadi Pelopor Disiplin Prokes

Rahmad Novandri | Sabtu, 14/08/2021 13:25 WIB
Hari Pramuka ke-60, Presiden Jokowi: Pramuka Harus Jadi Pelopor Disiplin Prokes Joko Widodo (Presiden RI). (Foto: twitter @setkabgoid)

RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan, Pramuka Indonesia harus menjadi pelopor kedisiplinan dalam menjalankan protokol kesehatan (prokes) pencegahan COVID-19. Jokowi meminta Pramuka Indonesia menjadi pelopor kepada masyarakat mengenai kedisiplinan memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, dan menghindari kerumunan.

"Pramuka Indonesia harus berdiri di barisan terdepan melindungi diri, teman-teman dan keluarga yang kita sayangi, kalau ada teman yang tidak patuh protokol kesehatan diingatkan, diberi penjelasan, diberi pengertian," kata Jokowi dalam Peringatan Hari Pramuka ke-60 dari Istana Kepresidenan Bogor, Sabtu, 14 Agustus 2021.

Tak hanya itu, Jokowi juga meminta Pramuka untuk mengajak masyarakat yang berusia di atas 12 tahun untuk ikut vaksin COVID-19. Hal itu agar bangsa Indonesia dapat mempercepat terbentuknya Herd Immunity atau kekebalan komunal.

"Karena kunci utama keluar dari pandemi adalah kedisiplinan protokol kesehatan dan percepatan vaksinasi untuk mencapai kekebalan komunal," tuturnya.

Ia juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh pramuka yang telah bahu membahu bersama elemen masyarakat lainnya dalam menangani pandemi COVID-19 di Tanah Air. “Inilah jiwa pramuka sejati yang tertuang dalam Dwi Darma, Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka, terpanggil, rela berkorban untuk membantu sesama tanpa melihat perbedaan suku, agama dan golongan,” ucap Jokowi.