Presiden Jokowi Sebut Tiga Pilar Utama Tangani COVID-19

Rahmad Novandri | Senin, 02/08/2021 22:01 WIB
Presiden Jokowi Sebut Tiga Pilar Utama Tangani COVID-19 Presiden Joko Widodo (foto: setkabgoid)

RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebutkan, kebijakan pemerintah dalam menangani pandemi COVID-19 bertumpu pada tiga pilar utama, yakni kecepatan vaksinasi, penerapan protokol kesehatan 3M yang masif, dan pelaksanaan pengujian, pelacakan serta perawatan atau isolasi.

"Kebijakan kita dalam penanganan pandemi COVID-19 ini akan bertumpu pada tiga pilar utama, yang pertama kecepatan vaksinasi terutama pada wilayah-wilayah yang menjadi pusat mobilitas dan kegiatan ekonomi," kata Jokowi dalam keterangan pers dipantau dari kanal YouTube Sekretariat Presiden, di Jakarta, Senin, 2 Agustus 2021.

Adapun pilar kedua, jelas Jokowi, adalah penerapan protokol kesehatan 3M yang masif pada masyarakat, yakni menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan. "Pilar kedua, penerapan 3M yang masif di seluruh komponen masyarakat, pilar ketiga kegiatan testing, tracing isolasi dan treatment secara masif termasuk menjaga BOR, penambahan fasilitas isolasi terpusat, serta menjamin ketersediaan pasokan obat-obatan dan oksigen," tuturnya.

Sementara, pilar ketiga adalah pengujian atau testing, pelacakan atau tracing dan isolasi atau treatment (3T) yang masif, termasuk menjaga tingkat keterisian tempat tidur di rumah sakit (BOR) agar memadai bagi masyarakat. Serta, memastikan ketersediaan fasilitas isolasi, pasokan oksigen dan obat-obatan.

Sebagaimana diinformasikan, Presiden Jokowi memutuskan kembali melanjutkan pelaksanaan PPKM Level 4 muslai 3 Agustus hingga 9 Agustus 2021 di beberapa kabupaten dan kota tertentu, dengan penyesuaian pengaturan aktivitas dan mobilitas masyarakat sesuai dengan kondisi masing-masing daerah.