IDI Ungkap Kasus Covid-19 Luar Pulau Jawa Mulai Meningkat

Neli Elislah | Rabu, 28/07/2021 06:02 WIB
IDI Ungkap Kasus Covid-19 Luar Pulau Jawa Mulai Meningkat Ketua Tim Mitigasi Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Adib Khumaidi

RADARBANGSA.COM - Ketua Tim Mitigasi Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) Adib Khumaidi mengungkapkan, kasus Covid-19 di beberapa wilayah luar Pulau Jawa mulai mengalami peningkatan.

Adib menyebutkan di sejumlah wilayah di Pulau Jawa juga telah mengalami penurunan, dilihat dari ketirisan bed occupancy rate (BOR) di sejumlah wilayah seperti Semarang dari 92% telah turun menjadi 66% dan Jakarta BOR menjadi 76% dengan BOR ICU menjadi 85%.

"Kami juga dapat laporan di Bekasi, di Tangerang juga mengalami penurunan, tetapi masih ada juga yang peningkatan Yogya dan Solo. Bahkan sekarang peningkatan kasus di luar Jawa seperti Jambi, Palembang, Kalimantan Selatan, Kendari sudah ada peningkatan kasus beberapa sudah dilaporkan," kata Adib pada konferensi pers daring, Selasa, 27 Juli 2021.

Indikator peningkatan kasus ini menurut Adib dilihat dari kebutuhan pasokan oksigen. Apabila dalam satu wilayah sudah ada permasalahan oksigen karena peningkatan permintaan tentu selaras dengan peningkatan kasus Covid-19.

Untuk mengantisipasi kejadian seperti dialami Pulau Jawa dan Bali, Adib menyarankan untuk segera memastikan stok oksigen maupun obat-obatan. Pasalnya wilayah di luar Pulau Jawa akan mengalami kendala ketika terjadi peningkatan kasus.

"Mudah-mudahan permasalahan dialami di beberapa darah di Jawa tidak sampai terjadi. Karena dengan keterbatasan dialami di luar Jawa, maka kebutuhan terkait oksigen dan obat menjadi penting termasuk bagaimana mempercepat vaksin dosis kedua," ucapnya.

Adib mendorong percepatan program vaksinasi Covid-19 ini. Sebab, ia menilai masih ada gap cukup tinggi antara penyuntikan vaksin dosis pertama dan kedua.