DPR RI Minta Pemerintah Ekstra Hati-Hati Perpanjang PPKM

Rahmad Novandri | Senin, 26/07/2021 20:45 WIB
DPR RI Minta Pemerintah Ekstra Hati-Hati Perpanjang PPKM Gedung MPR/DPR RI, Senayan, Jakarta. (Foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Ketua DPR RI, Puan Maharani mengingatkan pemerintah untuk ekstra hati-hati dalam memutuskan perpanjangan kebijakan PPKM Level 4 sekaligus kebijakan pelonggarannya untuk sektor usaha kecil. Berdasarkan hasil evaluasi pemerintah, masih terdapat sejumlah indikator penularan yang belum turun.

“Meski sudah ada tren penurunan, misalnya pada penambahan kasus dan positivity rate, namun di beberapa daerah indikator tersebut justru masih meningkat. Begitu juga angka kematian, di sejumlah wilayah masih meningkat signifikan. Di sini pemerintah harus ekstra hati-hati,” kata Puan dalam keterangan tertulisnya, Senin, 26 Juli 2021.

Menurutnya, PPKM Level 4 dengan segala penyesuaiannya ke depan harus mampu menurunkan semua indikator laju penularan, termasuk angka kematian saat isolasi mandiri. "Pemda tidak boleh beralasan kematian tinggi karena banyak pasien isoman tidak lapor. Justru disitulah tugas aparat Pemda yang dibantu masyarakat untuk terus memantau kondisi wilayahnya selama PPKM Level 4 diterapkan," ujar Puan.

Untuk itu, politisi PDI Perjuangan itu meminta pemerintah ke depan harus lebih responsif terhadap setiap perubahan kondisi penularan yang terjadi. "Dalam strategi gas dan rem yang dipakai pemerintah, kalau PPKM Level 4 diperlonggar (untuk sektor usaha kecil), berarti pemerintah sudah kembali menginjak gas, meski belum sepenuhnya melepas rem,” tuturnya.

Ia mengingatkan agar pemerintah harus lebih sigap mengambil tindakan jika tiba-tiba terjadi peningkatan laju penularan COVID-19 sebagai antisipasi dari pelonggaran PPKM. “Tindakan pemerintah dalam mengubah mode ‘gas’ atau ‘rem’ ini tidak boleh telat, tidak boleh kalah cepat dengan fluktuasi penularan virus itu sendiri. Artinya, kalau sudah mulai ngegas, jangan sampai lupa ngerem,” tegasnya.