Gus Halim Apresiasi Langkah Cepat Pendamping Desa Jaga Pelaksanaan Idul Adha

M. Isa | Rabu, 21/07/2021 20:06 WIB
Gus Halim Apresiasi Langkah Cepat Pendamping Desa Jaga Pelaksanaan Idul Adha Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar (foto: kemendesagoid)

RADARBANGSA.COM - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar mengatakan Ibadah Qurban itu memadukan dua nilai yang saling bertautan, yakni nilai ketuhanan dan kemanusiaan.

"Nilai ketuhanan yang berkemanusiaan dan nilai kemanusiaan yang berketuhanan," kata Menteri Halim Iskandar.

Ibadah Qurban juga mengandung nilai-nilai ritual vertikal dan memiliki manifestasi yang sangat kuat dengan relasi horizontal. Ibadah Qurban ditunaikan tak sekedar berdasar keikhlasan dan ketaatan terhadap perintah Allah SWT, tapi Qurban juga harus memiliki makna pengorbanan terhadap sesama.

Menteri Halim Iskandar pun menyerukan kepada para pendamping desa juga menyukseskan pelaksanaan Ibadah Qurban di desa dengan selalu menjaga Protokol Kesehatan.

"Pendamping desa telah membantu proses Ibadah Qurban di desa dengan tetap jaga Protokol Kesehatan demi menjaga keselamatan warga desa," kata Gus Halim sapaan akrabnya melalui keterangan tertulisnya, Rabu 21 Juli 2021.

Gus Halim beri apresiasi langkah cepat Pendamping Desa selama pelaksanaan Idul Adha 1442 Hijriah ini berkoordinasi dengan pihak Kabupaten dengan utamakan Protokol Kesehatan seperti memakai masker, tidak berkerumun dan menjaga jarak saat pembagian qurban.

Selain itu, kata Gus Halim, laporan dari Pendamping Desa, Relawan Lawan Covid-19 juga telah lakukan penyemprotan disinfektan di Masjid-masjid dan lapngan lokasi penyelenggaraan Salat Idul Adha.

"Saat ini telah terbentuk 1.117.066 Relawan dan telah 26.083 desa yang telah lakukan penyemprotan disinfektan," kata Menteri Halim Iskandar, Rabu (21/7/2021).

Kerja cermat Pendamping Desa dan Relawan juga mengatur pelaksanaan salat Idul Adha. Relawan Desa telah memilah tempat salat agar ada jarak aman antar jamaah. Warga desa langsung diarahkan untuk pulang ke rumah masing-masing usai pelaksanaan Khutbah Idul Adha.

"Sepanjang 2021, sebanyak 26.730 desa telah membagikan masker kepada warganya," kata Gus Halim.


Berita Terkait :