COVID-19 Melonjak, Nur Yasin Minta Rumah Sakit Vertikal Ditambah

Rahmad Novandri | Selasa, 29/06/2021 20:02 WIB
COVID-19 Melonjak, Nur Yasin Minta Rumah Sakit Vertikal Ditambah Nur Yasin (Anggota Komisi IX DPR RI). (Foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Anggota Komisi IX DPR RI, Nur Yasin mengkritisi penanganan pasien positif COVID-19 yang saat ini kembali melonjak. Keterbatasan Rumah Sakit di kota-kota besar untuk pasien COVID-19 membuat banyak pasien tak tertangani dengan baik.

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu meminta pemerintah khususnya Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk menambah kapasitas Rumah Sakit vertikal untuk penanganan pasien COVID-19. Hal itu harus dilakukan dengan tindakan tepat dan cerdas.

"Di kota-kota besar Jawa seperti Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Malang dan lain-lain serta kota yang lebih kecil, jika tidak dilakukan tindakan cerdas dan cepat Rumah Sakit bisa kolaps," ujar Nur Yasin.

Untuk itu, penambahan Rumah sakit vertikal COVID-19 di kota besar Indonesia khususnya Jawa harus diperbanyak. "Intinya pemerintah harus menambah lagi RS Vertikal COVID-19, selain RS Sulianti, RS Persahabatan dan RS Fatmawati di Jakarta dan kota-kota besar yang lain," tegasnya.

Nur Yasin juga meminta kepada pemerintah untuk memperketat mobilitas masyarakat. Bahkan, daerah yang berpotensi menimbulkan kerumunan seperti pasar dan Mall ditutup sementara.

"Tutup tempat-tempat kegiatan yg menghimpun banyak orang (Mall, pasar, tempat rekreasi, dll)," pungkasnya.


Berita Terkait :