Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia Diharapkan Bantu UMKM Tumbuh Besar

M. Isa | Selasa, 22/06/2021 17:50 WIB
Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia Diharapkan Bantu UMKM Tumbuh Besar KH Maruf Amin (Wakil Presiden RI). (Foto: twitter @Kiyai_MarufAmin)

RADARBANGSA.COM - Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI), bertujuan untuk mendorong national branding produk lokal unggulan, sehingga menciptakan industri, kreasi dan inovasi baru serta pasar yang lebih besar. Untuk menjangkau pasar yang lebih besar, Gernas BBI pada tahun 2020 telah berhasil mengikutsertakan 3,7 juta unit UMKM bergabung dengan platform online untuk memasarkan produknya.

“Pemasaran produk UMKM secara online diharapkan mampu menciptakan multiplier effects yang memberikan manfaat lebih besar dan lebih luas lagi bagi para pelaku UMKM sehingga mampu menyumbang pada peningkatan kesejahteraan dan perekonomian nasional,” harap Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin dilansir kemenkeugoid, Selasa 22 Juni 2021.

Selain itu, untuk melalui Gernas BBI, lanjut Wapres, pemerintah menekankan pentingnya penggunaan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN). Lebih lanjut, Gernas BBI juga untuk mempersiapkan transformasi ekonomi menuju digitalisasi, maka penyediaan infrastruktur telekomunikasi dan informasi menjadi hal mendasar dan mutlak untuk dipenuhi. Pemerintah menargetkan pada tahun 2023, internet dapat dinikmati seluruh wilayah Indonesia.

“Melalui Proyek Strategis Nasional, dengan membangun jaringan backbone fiber optic Palapa Ring, dan Proyek Satelit Multifungsi Pemerintah diharapkan pada tahun 2023, seluruh wilayah Indonesia sudah terjangkau internet,” ucap Wapres.

Jaringan koneksi internet di seluruh wilayah Indonesia, didukung dengan digitalisasi pemasaran, Wapres berharap produk lokal mampu menembus pasar nasional dan bahkan pasar global.

“Dalam era digital ini, UMKM juga harus memanfaatkan platform digital termasuk media sosial untuk mendukung perkembangan usahanya, serta mempermudah akses pada pembiayaan, distribusi dan pemasaran produknya,” harapnya.


Berita Terkait :