Banggar DPR Ingin Pemda Jadi Garda Terdepan Pembangunan Nasional

Rahmad Novandri | Selasa, 22/06/2021 11:10 WIB
Banggar DPR Ingin Pemda Jadi Garda Terdepan Pembangunan Nasional Cucun Ahmad Syamsurijal (Wakil Ketua Badan Anggaran DPR RI). (Foto: twitter @DPR_RI)

RADARBANGSA.COM - Wakil Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR RI, Cucun Ahmad Samsurijal menilai, pemerintah daerah (Pemda) memiliki andil menyukseskan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Menurutnya, pemda merupakan garda terdepan dalam pembangunan nasional, karena perannya sangat strategis dan penting.

“Pemerintah daerah memiliki peran dan fungsi yang sangat strategis dalam pembangunan Indonesia, bahkan Pemda merupakan garda terdepan dalam pembangunan nasional,” ujarnya saat Rapat Kerja Banggar DPR RI dengan pemerintah yang membahas Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD), di Gedung DPR RI, Senayan, jakarta, Senin, 21 Juni 2021.

Politisi Fraksi PKB itu berharap, di masa pandemi ini peran pemda semakin kuat dalam PEN. Pemda dan pemerintah pusat, terangnya, dapat menjadi lokomotif pembangunan ekonomi nasional.

"Penguatan peran dan fungsi pemda dipengaruhi besarnya anggaran yang tersedia, sehingga pelaksanaan berbagai program percepatan pembangunan ekonomi dapat terlaksana secara baik dan efisien," tuturnya.

Selain itu, legislator asal Jawa Barat itu juga mengapresiasi pemerintah yang selama 2019-2020, TKDD secara umum mengalami peningkatan. Ini wujud komitmen dalam mendukung program pemerintah dan pembangunan di daerah serta mencapai pembangunan prioritas nasional.