Buka Festival Joglosemar, Presiden Jokowi Ingin UMKM Bersaing di Kancah Dunia

M. Isa | Kamis, 20/05/2021 21:32 WIB
Buka Festival Joglosemar, Presiden Jokowi Ingin UMKM Bersaing di Kancah Dunia Joko Widodo (Presiden RI). (Foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka Festival Joglosemar `Artisan of Java` secara virtual dari dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Kamis 20 Mei 2021.

Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi menyampaikan, Pemerintah terus menggencarkan kampanye Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) dan mendorong kebangkitan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah/industri kecil dan menengah (UMKM/IKM) untuk naik kelas.

“Kita ingin mengisi momentum kebangkitan nasional ini dengan mempercepat kebangkitan produk-produk buatan Indonesia, kebangkitan produk-produk UMKM kita yang mampu menghasilkan produk-produk berkualitas tinggi, menguasai pasar dalam negeri, lebih kompetitif di pasar global, dan UMKM naik kelas,” ujar Presiden Jokowi.

Menurut Presiden Jokowi, UMKM merupakan pilar penting dalam mendorong kebangkitan ekonomi nasional. Usahanya tersebar di seluruh pelosok tanah air, jenis usaha dan produknya juga sangat beragam, melibatkan banyak warga sekitar, menciptakan lapangan kerja baru, dan mampu menyerap banyak tenaga.

“Kita ingin jumlah UMKM kita yang onboarding ke platform e-commerce semakin meningkat secara signifikan. Peningkatan e-commerce pasti akan berdampak juga pada pergerakan ekonomi offline, sehingga perputaran ekonomi bergerak dari bawah, bergerak dari pinggiran, di berbagai pelosok Indonesia secara merata dan berkeadilan,” ujarnya.