Sandiaga Uno Jamin Destinasi Wisata Terapkan ‘Prokes’ Ketat saat Libur Lebaran

Anata Lu’luul Jannah | Rabu, 12/05/2021 10:24 WIB
Sandiaga Uno Jamin Destinasi Wisata Terapkan ‘Prokes’ Ketat saat Libur Lebaran Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno (Doc: Parekraf)

RADARBANGSA.COM - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno memastikan bahwa destinasi wisata Indonesia menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin saat libur lebaran.

"Pemantauan kesiapan destinasi wisata di masing-masing wilayah lokal kami terus koordinasi," kata Menparekraf Sandiaga Uno seperti dikutip dari laman resmi Kemenparekraf, Rabu 12 Mei 2021.

Seperti diketahui, di musim lebaran tahun ini pemerintah memutuskan untuk menunda sementara mudik guna menekan penyebaran COVID-19. Namun untuk kegiatan wisata lokal, masih diperbolehkan tetap dengan memperhatikan data-data yang ada.

Sandiaga mengatakan akan memanfaatkan peluang yang ada untuk mendorong pelaku usaha, baik destinasi wisata ataupun sentra ekonomi kreatif untuk berkoordinasi dengan pemerintah daerah.

"Seperti di DKI Jakarta yang telah mengeluarkan kebijakan bagi destinasi wisata yang buka, kapasitasnya dibatasi maksimal 30 persen dengan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin," kata Sandiaga.

"Kami akan berkoordinasi dan juga melakukan pemantauan. Seperti besok saya akan mengunjungi Ancol dan beberapa destinasi lain agar mereka menerapkan protokol kesehatan (prokes) yang ketat," katanya.

Ia sangat berharap protokol kesehatan yang ketat ini dapat dijaga agar destinasi dan sentra ekonomi kreatif tidak menjadi pemicu klaster baru.

"Jadi kembali lagi pada diri kita sendiri. Pemerintah akan memantau, juga akan berkoordinasi dengan Satgas COVID-19. Tapi kembali lagi pada masyarakat sendiri yang harus sadar. Kewaspadaan harus ditingkatkan dan masyarakat juga bisa mengawasi," tutup Sandiaga.