PBNU Imbau Masyarakat Silaturahim Tanpa Mudik, Cegah Penularan COVID-19

Rahmad Novandri | Jum'at, 07/05/2021 23:05 WIB
PBNU Imbau Masyarakat Silaturahim Tanpa Mudik, Cegah Penularan COVID-19 Logo Nahdlatul Ulama. (Foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) mengimbau masyarakat, terutama Nahdliyin untuk melakukan silaturahim secara virtual, pada momentum Hari Raya Idul Fitri tanpa harus melakukan mudik. Hal ini guna menghindari risiko penularan COVID-19 di Indonesia.

"Mudik sebagai media silaturahim adalah sebuah tradisi yang baik. Namun, karena situasi pandemi maka menghindar dari risiko penularan, dengan tidak melakukan mudik adalah sesuatu yang lebih utama," kata Sekretaris Jenderal PBNU H Ahmad Helmy Faishal Zaini, seperti dilansir dari nu.or.id, Jumat, 7 Mei 2021.

Menurutnya, silaturahim adalah ajaran yang memang sangat dianjurkan oleh Islam dan menjadi media untuk merekatkan persaudaraan. Namun, lanjutnya, silaturahim bisa dilakukan dengan banyak cara.

"Silaturahim merupakan salah satu ajaran yang sangat dianjurkan oleh Islam. Silaturahim adalah salah satu media yang bisa digunakan untuk merekatkan kembali nilai-nilai persaudaraan. Silaturahim bisa dilakukan dengan banyak cara," tuturnya.

Karena itu, dalam konteks menghadapi pandemi COVID-19 yang hingga saat ini belum usai, silaturahim dan halal bi halal bisa dilakukan dengan cara-cara yang sedapat mungkin meminimalisasi kontak fisik, seperti secara virtual.

"(Silaturahim virtual) ini sama sekali tidak mengurangi nilai dan esensi silaturahim. Sebab yang utama adalah menyambung rasa kasih sayang," ucap Helmy.


Berita Terkait :