Ketua DPR RI Minta Pemerintah Bangun Sistem Pertahanan Handal dan Komprehensif

Rahmad Novandri | Jum'at, 07/05/2021 04:05 WIB
Ketua DPR RI Minta Pemerintah Bangun Sistem Pertahanan Handal dan Komprehensif Puan Maharani (Ketua DPR RI). (Foto: twitter @DPR_RI)

RADARBANGSA.COM - Ketua DPR RI, Puan Maharani menegaskan kepada pemerintah untuk mengupayakan sistem pertahanan negara Indonesia yang handal dan komprehensif di sejumlah sektor. Sejak terjadinya insiden KRI Nanggala 402 dan gugurnya Kepala BIN Papua I Gusti Putu Danny Nugraha, pemerintah Indonesia harus melakukan intropeksi, khususnya mempertahankan kedaulatan negara.

“Insiden ini dapat menjadi intropeksi bagi kita semua, untuk mempersiapkan sistem pertahanan negara yang handal, termasuk menjamin keamanan dan keselamatan prajurit dalam menjalankan tugas,” ujar Puan saat membuka Rapat Paripurna Pembukaan Masa Persidangan tahun sidang 2020-2021 di Gedung Nusantara II, Senayan, Jakarta, Kamis, 6 Mei 2021.

Menurut Puan, sejumlah langkah tegas perlu diambil untuk mencegah insiden tersebut terjadi kembali. Di antaranya, pemerintah diharapkan segera menangkap dan menindak Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua sesuai dengan undang-undang yang berlaku. Tidak hanya itu, evaluasi penggunaan alusista perlu dilaksanakan guna menjamin keamanan dan keselamatan prajurit dalam menjalankan tugas.

Tidak hanya itu, Politisi PDI Perjuangan itu menerangkan adanya berbagai bencana yang terjadi di Indonesia sejak awal tahun, pemerintah harus tanggap dalam mempercepat pemulihan dan penanganan dampak bencana. Seperti yang diketahui, berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana (BNPB) terdapat 1.045 kejadian bencana alam terhitung sejak 1 Januari hingga 5 April 2021.

“Berbagai bencana alam yang terjadi akhir-akhir ini, membutuhkan percepatan penanganan dampak bencana dan pemulihan kehidupan masyarakat. Oleh karena itu, perlu terus diperkuat upaya untuk meningkatkan ketahanan Indonesia dalam menghadapi bencana secara komprehensif,” tuturnya.

Di sisi lain, mengingat kini India mengalami pandemi COVID-19 gelombang dua dan Indonesia juga masih menghadapi pandemi COVID-19 sekaligus proses vaksinasi, Puan berharap setiap elemen pemangku kebijakan dan masyarakat melakukan antisipasi guna menekan penularan dan paparan virus Corona.