Gus Yaqut: Perlu Forum Negara Melayu untuk Bahas Problem Keagamaan

M. Isa | Kamis, 06/05/2021 19:55 WIB
Gus Yaqut: Perlu Forum Negara Melayu untuk Bahas Problem Keagamaan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas (foto: kemenag)

RADARBANGSA.COM - Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mengikuti rapat dengan perwakilan Pemerintah Singapura secara virtual di kantornya, Gedung Kementerian Agama, Jakarta, Kamis 6 Mei 2021.

Dalam kesempatan itu, Gus Yaqut, sapaan akrabnya, menilai perlu ada forum yang lebih besar di antara negara-negara Melayu untuk membahas problem keagamaan yang sedang dihadapi saat ini. 

"Ini menjadi pekerjaan kita semua dan menarik bisa membuat forum lebih besar di antara kita, negara-negara Melayu, untuk berbicara terkait problem keagamaan yang kita hadapi," kata Gus Yaqut.

Menurut Gus Yaqut, toleransi dan formalisme beragama menjadi isu yang dibahas dalam pertemuan kedua negara ini. Ia juga menggarisbawahi bahwa semua agama mengajarkan kebaikan. Tidak ada agama yang mengajarkan keburukan. 

“Dari pandangan seperti ini, kami lebih mudah meyakinkan seluruh agama yang ada di Indonesia soal perbedaan agama, bahwa itu adalah perbedaan cara menuju Tuhan. Jadi tidak perlu ada pertentangan. Jadi biasa saja orang berbeda agama,” tuturnya.

Namun demikian, lanjut Politisi PKB itu, mengakui bahwa masih ada tantangan terkait adanya sejumlah pihak yang merasa paling benar dan merasa bahwa mereka yang berbeda agama harus dimusuhi. Fenomena ini masih ada, dan potensinya juga tidak hanya di satu agama saja. Semua agama memiliki potensi seperti itu.

"Menurut saya bicara soal agama yang sebenarnya perlu tenaga, perlu pikiran, memerlukan banyak hal, termasuk keberanian. Jadi ini pekerjaan kita semua. Ini menarik," katanya.

"Kita akan bahas persoalan ini saat pertemuan SOM Mabims pada November 2021 di Jakarta, nanti," tandas Menag. 

TAG : Gus Yaqut , Menag