Wapres Maruf Amin Luruskan Persepsi Wisata Syariah

Rahmad Novandri | Kamis, 06/05/2021 19:25 WIB
Wapres Maruf Amin Luruskan Persepsi Wisata Syariah KH Maruf Amin (Wakil Presiden RI). (Foto: twitter @Kiyai_MarufAmin)

RADARBANGSA.COM - Wakil Presiden (Wapres) KH Maruf Amin meluruskan persepsi tentang Wisata Syariah. Hal itu menjawab anggapan yang oleh sebagian orang dianggap sebagai upaya untuk mensyariahkan tempat-tempat wisata.

"Tentu kita ingin menghilangkan persepsi yang salah tentang wisata halal atau wisata syariah. Sepertinya ada kesan bahwa wisata syariah itu wisatanya akan disyariahkan, kemudian ada daerah-daerah yang keberatan," kata Kiai Maruf dalam keterangan persnya di Jakarta, Kamis, 6 Mei 2021.

Dijelaskannya, konsep wisata syariah atau wisata halal sebenarnya yakni menyediakan layanan-layanan halal, sehingga tempat wisata tersebut ramah bagi turis Muslim. "Jadi di situ nanti, kita ingin di tempat-tempat wisata itu ada layanan syariah, layanan halal, restoran halal, ada tempat untuk salat," ujarnya.

Wapres juga mencontohkan beberapa negara dengan mayoritas penduduk non-Islam yang telah menerapkan konsep halal dalam industri pariwisatanya, yaitu China dan Korea Selatan. Oleh karena itu, Kiai Maruf menilai Indonesia perlu mulai menerapkan konsep wisata halal di beberapa daerah, khususnya yang menjadi sasaran bagi turis mancanegara.