Gus Yaqut Ajak Umat Islam Terapkan Nilai-nilai Alquran

M. Isa | Jum'at, 30/04/2021 19:07 WIB
Gus Yaqut Ajak Umat Islam Terapkan Nilai-nilai Alquran Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas (foto: kemenag)

RADARBANGSA.COM - Menteri Agama (Menag), Yaqut Cholil Qoumas mengajak seluruh umat islam untuk kembali menerapkan nilai-nilai Al-Qur’an dalam kehidupan berbangsa, terutama untuk menyikapi keragaman yang ada.

"Peringatan Nuzulul Qur`an yang jatuh tepat di bulan Ramadan adalah bagian penting dari Keislaman kita, Nuzulul Qur`an adalah momentum untuk terus mendekatkan diri dengan Al-Qur`an, meneladani spirit Al-Qur`an dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia," tutur Menag Yaqut Cholil Qoumas saat peringatan Nuzulul Qur’an 1442H tingkat kenegaraan, di Aula HM Rasjidi, Kantor Kemenag, Kamis 29 malam.

Menurut Gus Yaqut sapaan akrabnya, di dalam Al-Qur’an terdapat petunjuk bagaimana seorang muslim bersikap dalam kehidupan bermasyarakat. “Diantara pentunjuk tersebut adalah, bagaimana seorang muslim menyikapi keragaman sebagai sebuah sunnatullah. Keragaman didalam Al-Qur`an disinggung dalam surat Al-Hujarat ayat 13,” ujarnya.

Lebih lanjut, Gus Yaqut menyampaikan, keragaman merupakan sebuah keniscayaan. Indonesia sebagai negara majemuk harus saling menghargai dan menghormati satu sama lain.

“Indonesia satu diantara bangsa yang dianugerahi keragaman, dari Sabang sampai Merauke berjajar ragam budaya yang menyajikan keindahan harmoni bangsa,” lanjutnya.

Peringatan Nuzulul Qur`an tahun ini digelar dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Setiap tamu yang hadir dilakukan pengecekan suhu tubuh sebelum memasuki auditorium HM. Rasjidi, Kementerian Agama. 


Berita Terkait :