Wapres Maruf Amin Minta Pengelolaan dan Pengumpulan Zakat Dilakukan Secara Digital

Rahmad Novandri | Selasa, 27/04/2021 20:56 WIB
Wapres Maruf Amin Minta Pengelolaan dan Pengumpulan Zakat Dilakukan Secara Digital KH Maruf Amin (Wakil Presiden RI). (Foto: twitter @Kiyai_MarufAmin)

RADARBANGSA.COM - Wakil Presiden (Wapres) KH Maruf Amin meminta pengelolaan dan pengumpulan zakat dilakukan secara digital. Menurutnya, di era modernisasi ini digitalisasi sudah diakui dapat mempermudah masyarakat dalam melakukan berbagai aktivitas.

Pembenahan lembaga pengelolaan zakat harus dilakukan. Sehingga kepercayaan masyarakat terhadap lembaga tersebut dapat meningkat dan penyaluran zakat ke masyarakat dapat lebih merata.

"Jadi, jangan kemudian penerimaan digitalisasi dan kanal-kanal yang harus juga memudahkan untuk bisa sampai. Ini juga sedang kita pikirkan baik kanal untuk zakat maupun kanal untuk wakaf," kata Kiai Maruf seperti dilansir dari okezone.com, Selasa, 27 April 2021.

Selain itu, Kiai Maruf juga meminta agar lembaga-lembaga pengelola zakat dapat lebih diperkuat. Wapres juga meminta agar distribusi zakat bisa tepat sasaran.

“Karena kita ingin kepercayaan masyarakat kepada lembaga ini terus diperkuat, sehingga masyarakat tidak ingin selalu memberikan langsung zakat kepada sesama masyarakat yang kemungkinan penggunaannya bisa kurang merata. Kalau melalui lembaga, baik BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional) maupun LAZ (Lembaga Amil Zakat), itu kita sudah pastikan bisa nantinya bersifat memperbaiki, lalu arah distribusinya ke tempat yang jelas supaya tepat sasaran," tandasnya.