Menlu Retno: Indonesia Terima Batch Kedua Vaksin AstraZeneca

M. Isa | Selasa, 27/04/2021 17:43 WIB
Menlu Retno: Indonesia Terima Batch Kedua Vaksin AstraZeneca Vaksin Covid (Doc: Klik Dokter)

RADARBANGSA.COM - Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mengungkapkan, Indonesia menerima Batch kedua vaksin AstraZeneca sebanyak 3,852 juta dosis melalui Bandara Soekarno Hatta, Senin 26 April 2021 malam.

“Ahamdulillah dengan mengucap puji syukur kepada Allah, pada malam hari ini Indonesia menerima batch kedua vaksin dari jalur multilateral, yaitu dari COVAX Facility berupa vaksin jadi AstraZeneca sebesar 3.852.000 dosis,” kata Menlu Retno Marsudi dalam keterangan persnya.

Sebelumnya, sebanyak 1,1 juta dosis vaksin AstraZeneca telah diterima Indonesia pada pengiriman batch pertama vaksin multilateral dari COVAX Facility pada 3 Maret 2021 lalu. Dengan kedatangan batch kedua ini, maka Indonesia telah menerima vaksin AstraZeneca dari COVAX facility sebesar 4,9656 juta dosis vaksin jadi secara gratis.

“Jika kita gabungkan vaksin dari jalur multilateral dan dari jalur bilateral, maka sejauh ini vaksin yang telah tiba di Indonesia adalah berjumlah 67.465.600 dosis,” ungkap Menlu Retno.

Menlu menjelaskan, sejak awal pandemi hingga saat ini, Pemerintah Indonesia mengupayakan ketersediaan vaksin bagi kebutuhan dalam negeri sambil terus memperjuangkan kesetaraan akses vaksin bagi semua negara.

Dengan alasan tersebut, Indonesia aktif dalam pembahasan isu vaksin dunia dan menjadi salah satu co-chair dalam COVAX AMC (Advance Market Commitment) Engagement Group.


Berita Terkait :