Pisang Cavendish BUMDes Pandawangi Siap Bersaing dengan Produk Supermarket

M. Isa | Senin, 26/04/2021 22:31 WIB
Pisang Cavendish BUMDes Pandawangi Siap Bersaing dengan Produk Supermarket Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar (foto: kemendesagoid)

RADARBANGSA.COM - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar mengatakan, Pisang Cavendish menjadi produk unggulan BUMDes Pandanwangi yang mampu menyedot banyak peminat.

"Pasar sudah ada, tapi produktifitas perlu ditingkatkan untuk memberikan nilai tambah. Pohonnya mau diapain, apakah bisa diolah untuk pakan ternak misalnya," ujar Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar saat mengunjungi BUMDes tersebut di Desa Pandantoyo, Kecamatan Kertosono, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur, Sabtu 24 April 2021 lalu. 

Bahkan, kata Gus Menteri sapaan akrakbnya, pisang Cavendish itu siap bersaing dengan pisang cavendish yang beredar di berbagai supermarket. Untuk itu, ia mengajak berbagai stakeholder terkait untuk dapat membantu peningkatan produktifitas budidaya pisang cavendish BUMDes tersebut.

Bantuan tersebut, lanjutnya, dapat berupa biaya pengembangan atau teknologi tepat guna, "Pasarnya sudah bagus. Tinggal pengembangan. Saya ajak semuanya yang menjadi bagian dari pengembangan produktifitas masyarakat untuk turut membantu. Atau bantuan teknologi tepat guna agar lebih bermanfaat," ungkapnya. 

Di sisi lain ia mengatakan, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi telah menyelesaikan Peraturan Menteri (Permen) terkait BUMDes. Permen tersebut merupakan tindak lanjut dari Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 11 tahun 2021 tentang BUMDes, yang dikeluarkan seiring disahkannya BUMDes sebagai badan hukum dalam Undang-Undang Cipta Kerja.

"Permendes (Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi) sudah selesai, tinggal menunggu pengesahan dari Kemenkumham (Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia). Kalau sudah selesai semua, nanti BUMDes bisa usaha apa saja, sudah seperti PT," ujarnya.


Berita Terkait :