Kemenag Dorong Jabar Punya Madrasah Unggulan Selevel MAN Insan Cendikia

M. Isa | Senin, 26/04/2021 20:46 WIB
Kemenag Dorong Jabar Punya Madrasah Unggulan Selevel MAN Insan Cendikia Sekjen Kemenag Nizar (foto: kemenag)

RADARBANGSA.COM - Sekretaris Jenderal Kementerian Agama (Sekjen Kemenag) Nizar Ali mendorong Kanwil Kemenag Jawa Barat untuk segera memiliki madrasah unggulan selevel Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia. 

 

"Hingga saat ini, Jawa Barat belum memiliki MAN Insan Cendekia. Hal ini perlu pemikiran kita bersama. Sebab, secara luas wilayah dan jumlah penduduk, madrasah dengan standar MAN IC tidak ada di Jawa Barat," kata Nizar Ali saat membuka gelaran Rapat Kerja Wilayah Kemenag Jawa Barat 2021 di Cirebon, Senin 26 April 2021.

"Ada perubahan yang sangat signifikan dan cepat di ranah MAN IC. Dulu MAN IC Serpong menempati posisi paling puncak, namun sekarang posisi itu sudah digantikan oleh MAN IC Pekalongan. Apalagi dampak dan gaung dari MAN IC ini sangat luar biasa secara nasional," sambungnya.

Menurut Sekjen, kehadiran MAN IC di Jabar juga sesuai dengan arah kebijakan dan strategi nasional yang menjadi mandat RPJMN 2020-2024 kepada Kementerian Agama. Yakni, meningkatkan SDM berkualitas dan berdaya saing. 

Irisan dari program prioritas tersebut, lanjut Sekjen, di antaranya peningkatan pemerataan layanan pendidikan berkualitas, peningkatan kualitas pengajaran dan pembelajaran, serta peningkatan pemerataan akses layanan pendidikan dan percepatan wajib belajar 12 tahun. 


Berita Terkait :