Indonesia Tuan Rumah ASEAN Leader`s Meeting, Begini Persiapannya

Rahmad Novandri | Jum'at, 23/04/2021 21:40 WIB
Indonesia Tuan Rumah ASEAN Leader`s Meeting, Begini Persiapannya Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi (foto: kemlugoid)

RADARBANGSA.COM - Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi memaparkan persiapan Indonesia menjelang penyelenggaraan ASEAN Leader`s Meeting, Sabtu, 24 April 2021.

"Selain hasil pertemuan bilateral antara Presiden RI dan PM Vietnam, saya ingin menyampaikan beberapa informasi terkait dengan pelaksanaan ASEAN Leader`s Meeting besok," kata Menlu Retno saat memberikan keterangan pers virtual di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Jumat, 23 April 2021.

Menlu mengatakan bahwa para pemimpin ASEAN, termasuk Presiden RI, telah menerima undangan dari Sultan Brunei Darussalam selaku Ketua ASEAN untuk menghadiri ASEAN Leader`s Meeting besok di Sekretariat ASEAN.

"Pertemuan akan direncanakan mulai berlangsung pada siang hari. Kalau tengok ke belakang, ASEAN Leader`s Meeting ini merupakan insiatif Indonesia dan merupakan tindak lanjut antara pembicaraan Presiden RI dan Sultan Brunei Darussalam selaku Ketua ASEAN," ujar Retno.

Ia menyampaikan per saat ini, tiga pemimpin menyatakan tidak dapat hadir, yaitu Thailand, Laos, dan Filipina. Presiden RI telah berbicara dengan PM Thailand dan membahas persiapan ASEAN Leader`s Meeting ini. "PM Thailand menyampaikan permintaan maaf tidak dapat hadir karena situasi COVID-19 di dalam negeri Thailand. Proses persiapan terus dilakukan pada tingkat SOM (senior officials meeting) dan Menlu ASEAN," tuturnya.

Menlu menjelaskan bahwa ASEAN Leader`s Meeting merupakan pertemuan pertama para pemimpin ASEAN selama pandemi. Komitmen para pemimpin untuk bertemu secara fisik merupakan refleksi kekhawatiran yang dalam dari ASEAN terhadap situasi yang terjadi di Myanmar dan tekad ASEAN untuk membantu Myanmar keluar dari krisis.