RS Vertikal Menuju BLU, Menkes Sarankan ARVI Ikut Susun Renstra

M. Isa | Jum'at, 23/04/2021 16:06 WIB
RS Vertikal Menuju BLU, Menkes Sarankan ARVI Ikut Susun Renstra ARVI atau RS vertikal Kemenkes menggelar pertemuan membahas kemandirian RS vertikal menjadi Badan Layanan Umum di BSD Tangsel (foto: kemkes)

RADARBANGSA.COM - Asosiasi Rumah Sakit Vertikal Indonesia (ARVI) atau RS vertikal Kemenkes menggelar pertemuan membahas kemandirian RS vertikal menjadi Badan Layanan Umum (BLU) di ICE BSD Tangerang Selatan, Kamis 22 April 2021.

Dalam kesempatan itu, Kepala ARVI dr. Lies Dina Liastuti mengatakan pandemi COVID-19 yang lebih dari 1 tahun ini telah membuat seluruh rumah sakit di dunia bekerja keras untuk mengendalikannya, tak terkecuali di Indonesia.

“Banyak rumah sakit yang kesulitan dalam mengatasi sistem manajemen baru yang harus disesuaikan dengan perubahan zaman. Karena sistem kita harus terus berubah menyesuaikan dengan situasi yang terus berubah,” kata Kepala ARVI dr. Lies Dina Liastuti.

Menurutnya, kemandirian pengelolaan keuangan menuju BLU menjadi sangat penting bagi rumah sakit di tengah keterbatasan anggaran pemerintah akibat pandemi COVID-19. Karena rumah sakit memiliki kewajiban memberikan pelayanan yang maksimal bagi masyarakat.

“RS harus mampu membaca peluang pasar, mengolah dan menghasilkan inovasi yang sifatnya menuju kemandirian rumah sakit, khususnya mandiri secara finansial. Hal itu dapat terwujud kalau kita mampu memberi peluang kepada faktor-faktor yang ada,” tutur dr. Lies.

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin menyambut baik RS vertikal Kemenkes menjadi BLU . Ia menyarankan anggota ARVI untuk ikut berpartisipasi aktif dalam penyusunan rencana strategis (Renstra).

“Berpartisipasi aktif lah, Saya buka kesempatan untuk menyusun (Renstra), silakan memasukkan apa yang menurut Bapak/Ibu penting untuk rumah sakit,” tambahnya.


Berita Terkait :