UMKM Punya Peran Besar Tumbuhkan Perekonomian Nasional

M. Isa | Rabu, 21/04/2021 19:56 WIB
UMKM Punya Peran Besar Tumbuhkan Perekonomian Nasional Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati (foto: setkabgoid)

RADARBANGSA.COM - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengungkapkan, pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) memiliki peran besar dalam perekonomian nasional.

"Sektor ini tercatat mampu menghasilkan lebih dari 60 persen Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia," kata Menkeu Sri Mulyani Indrawati dilansir setkab, Rabu 21 April 2021.

Menilik potensi yang luar biasa besar, kata Menkeu Sri Mulyani, Pemerintah memberikan berbagai dukungan untuk mendorong UMKM naik kelas dari penjual lokal menjadi penyuplai produk global.

“Ini bukan merupakan sesuatu yang mustahil atau sesuatu yang tidak terjangkau. Melalui berbagai upaya, maka usaha kecil menengah Indonesia diharapkan akan memiliki kepercayaan diri, pengetahuan, dan siap berkompetisi di pasar global," katanya.

Dalam rangka mempermudah UMKM menembus pasar global, lanjut Menkeu Sri Mulyani, saat ini pemerintah tengah melakukan berbagai negosiasi Free Trade Agreement (FTA) untuk menghubungkan pasar Indonesia dengan pasar-pasar dunia.

"Pemerintah juga terus berupaya menyederhanakan aturan perizinan untuk memastikan kemudahan UMKM mengurus legalitas dari kegiatan usahanya, sehingga perizinan berlapis dan biaya sertifikasi dapat diminimalisir," ungapnya.

Selain itu, pemerintah juga menurunkan suku bunga untuk usaha kecil-menengah dengan harapan dapat membuka akses pembiayaan perbankan melalui Program Kredit Usaha Rakyat (KUR).

TAG : UMKM , Ekspor , Indonesia ,