Tingkatkan SDM, Kemnaker dan Pemkab Kutai Kartanegara Jalin Kerjasama

M. Isa | Minggu, 11/04/2021 19:01 WIB
Tingkatkan SDM, Kemnaker dan Pemkab Kutai Kartanegara Jalin Kerjasama Dirjen Binalattas Kemnaker, Budi Hartawan dan Bupati Kutai Kartanegara (Kukar), Edi Damansyah (foto: kemnaker)

RADARBANGSA.COM - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) terus memperkuat sinergi dengan pemerintah daerah guna meningkatkan kompetensi sumber daya manusia (SDM). 

Nah, kali ini, Kemnaker bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara terkait peningkatan kompetensi SDM bidang pertanian..

Sinergitas ini ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepatakan antara Dirjen Binalattas Kemnaker, Budi Hartawan, dengan Bupati Kutai Kartanegara (Kukar), Edi Damansyah, tentang peningkatan kompetensi SDM bidang pertanian, Minggu 11 April 2021.

Menurut Budi Hartawan, nota kesepakatan ini dimaksudkan sebagai landasan kerja sama bagi para pihak dalam rangka sinergi pelatihan untuk peningkatan kompetisi kerja bagi pemuda, masyarakat desa, pencari kerja, dan pelaku usaha kecil dan menengah (UMKM) di Kabupaten Kukar.

"Tujuan nota kesepakatan ini untuk meningkatkan kompetensi, daya saing dan produktivitas SDM melalui penyelenggaraan pelatihan berbasis kompetensi, " kata ujar Budi Hartawan.

Sementara Bupati Kukar, Edi Damansyah menyatakan, kesiapan Pemkab Kukar dalam peningkatan kompetensi SDM. Sebagai bentuk keseriusan, pihaknya akan menghibahkan lahan seluas kurang lebih 25 hektar yang berlokasi di Desa Jonggon, Kecamatan Loa Kulu, kepada Kemnaker.

"Lahan itu nantinya akan digunakan sebagai lokasi pembangunan gedung Workshop Kejuruan Pertanian UPTP BLK Samarinda," katanya.