Kunjungi Korban Banjir di NTT, Ini Janji Presiden Jokowi

M. Isa | Jum'at, 09/04/2021 18:29 WIB
Kunjungi Korban Banjir di NTT, Ini Janji Presiden Jokowi Presiden Jokowi mengunjungi korban banjir bandang di NTT (Foto: setkabgoid)

RADARBANGSA.COM - Usai mengunjungi korban banjir bandang di Desa Amakaka, Kecamatan Ile Ape, Kabupaten Lembata, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) juga mengunjungi Pulau Adonara di Kabupaten Flores Timur. Wilayah tersebut juga merupakan salah satu yang terdampak paling parah saat bencana terjadi beberapa waktu lalu.

“Sore hari ini saya berada di Adonara, Kabupaten Flores Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur, setelah pagi tadi saya juga meninjau di Kabupaten Lembata,” ujar Presiden Jokowi dalam keterangan persnya.

Presiden Jokowi mengatakan, warga terdampak bencana di lokasi tersebut nantinya juga akan direlokasi ke wilayah baru yang akan ditetapkan kemudian oleh pemerintah daerah. Dalam hal ini, pemerintah pusat siap untuk segera membangun rumah-rumah baru bagi warga setempat.

“Lokasi yang ada sekarang ini akan kita relokasi yang nanti segera ditetapkan oleh Bupati dan Gubernur. Tapi yang jelas Kementerian PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat) siap untuk membangun rumahnya secepat-cepatnya,” ucapnya.

Presiden Jokowi turut mengingatkan warga setempat yang saat ini tengah berada di pengungsian untuk tetap berdisiplin menegakkan protokol kesehatan.

“Hati-hati, (jalankan) protokol kesehatan. Semua pakai masker agar yang namanya COVID-19 tidak semakin menyebar di mana-mana, utamanya di Nusa Tenggara Timur,” tuturnya.