Desa-desa di Indonesia Harus Terlibat Kembangkan Pariwisata Daerah

M. Isa | Kamis, 08/04/2021 09:22 WIB
Desa-desa di Indonesia Harus Terlibat Kembangkan Pariwisata Daerah Wamendes Budi Arie Setiadi saat bertemu Wamenkumham Edrwars Omar Sharif Hiariej dan Wamen Angela Tanoesoedibjo di Kantor Kemendes PDTT (foto: kemendesa)

RADARBANGSA.COM - Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Wamendes PDTT), Budi Arie Setiadi mengatakan, desa-desa di Indonesia harus terlibat dalam pengembangan pariwisata di setiap daerah.

 

"Pariwisata harus berbasis desa, agar desa tidak hanya jadi penonton. Harus terlibat dalam pengembangan wisata di daerah masing-masing," ujar Wamendes Budi Arie Setiadi dalam keterangan persnya, Selasa 6 April 2021 lalu.

Wamendes menuturkan, peningkatan kegiatan ekonomi di desa merupakan cara untuk mengangkat masyarakat dari kemiskinan. Menurutnya, keterlibatan desa dalam pengembangan sektor pariwisata daerah, akan memicu peningkatan produktifitas ekonomi masyarakat desa.

"Kalau desa mau diangkat dari kemiskinan, maka desa harus melakukan kegiatan ekonomi. Artinya desa harus produktif. Produktif itu kan kerja," tuturnya.

Di sisi lain, Wamendes juga ingin produk-produk desa dapat bersaing di dunia e-commerce. Ia menyayangkan produk-produk impor yang mendominasi produk e-commerce di Indonesia.

"Kita sedang garap e-commerce yang 100 persen adalah produk Indonesia. Jadi jelas golnya. Soal menang atau kalah biar takdir yang menjemput," ujarnya.


Berita Terkait :